Abstrak  Kembali
Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah “terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan Metode pembelajaran Pair Cheks Spencer Kagen dan metode pembelajaran Round Club”. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Susukan 09 Pagi Jakarta timur pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Sampel diambil secara keseluruhan dari anggota populasi menjadi objek penelitian (sample jenuh) dengan mengambil sebanyak 60 siswa dari populasi sebanyak 60 siswa yang terdiri dari 2 kelas. Metode yang digunakan adalah metode quasi experimental design dengan membandingkann 2 kelompok yang diteliti yaitu kelompok eksperimen I diberikan model pembelajaran Pair Cheks Spencer Kagen dan kelompok eksperimen II diberikan model pembelajaran Round Club. Instrumen penelitian berupa pilihan ganda sebanyak 40 butir soal. Instrumen terlebih dahulu diuji cobakan kepada 30 siswa kelas IV di SDN Kebon Pala 04 Pagi. Dari uji validitas hasil belajar IPA siswa dengan rumus korelasi biserial didapat 30 butir soal yang valid dan reliabel. Sebelum data dianalisis, sebelumnya dilakukan uji prasyaratan yaitu uji normalitas menggunakan uji Chi Kuadrat dan uji homogenitas menggunakan uji fisher. Karena Xhitung < Xtabel (4.70 < 7.81), untuk kelompok eksperimen I dan Lhitung < Ltabel (5.37 < 7.81), untuk kelompok eksperimen II, maka disimpulkan data kedua kelompok berdistribusi normal. Untuk uji homogenitas, karena Fhitung< Ftabel (1.2321 < 1.8400), maka disimpulkan varians kedua kelompok sama, berarti sampel berasal dari populasi yang homogen. Uji hipotesis menggunakan uji-t, didapat thitung > ttabel (6.270 > α 0,01= 2.664 α 0,05 1.671 maka H0 ditolak. Dengan demikian H1 diterima yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa kelas IV dengan menggunakan model pembelajaran Pair Cheks Spencer Kagen dan Round Club di SDN Susukan 09 Pagi Jakarta Timur.