Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh terhadap motivasi belajar PKn dengan menggunakan strategi pembelajaran Point Counter Point siswa kelas V SDN Susukan 09 Pagi Jakarta Timur. Penelitian ini dilakukan di SDN Susukan 09 Pagi Jakarta Timur kelas V B dan V A Semester II Tahun Pelajaran 2014-2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen. Strategi yang peneliti gunakan adalah strategi pembelajaran Point Counter Point sebagai kelas yang diberikan perlakuan atau kelas eksperimen dan kelas kontrol yang tanpa diberikan perlakuan dengan strategi pembelajaran Point Counter Point. Sampel pada penelitian ini meliputi 34 siswa kelas V B dan 34 siswa kelas V A di SDN Susukan 09 Pagi Jakarta Timur. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket jawaban sebanyak 25 soal dengan empat pilihan jawaban. Validitas tes hitung dengan menggunakan rumus Korelasi Product Moment. Koefesien reliabilitas tes 0,367 ini dihitung dengan rumus KR-20. Uji normalitas motivasi belajar PKn siswa menggunakan uji Liliefors. Dari hasil perhitungan normalitas untuk kelompok yang menggunakan strategi pembelajaran Point Counter Point didapat nilai Lhitung lebih kecil dari pada Ltabel (0,1492 < 0,1519) pada taraf signifikan α = 0,05, maka dengan demikian populasi berdistribusi normal. Perhitungan uji normalitas kelompok yang tanpa diberikan perlakuan menggunakan strategi pembelajaran Point CounterPoint dalam pengajarannya didapat nilai dengan Lhitung lebih kecil dari Ltabel (0,1435 < 0,1519) pada taraf α = 0,05, maka dengan demikian populasi berdistribusi normal. Uji homogenitas motivasi belajar PKn siswa menggunakan uji varians terbesar dibagi varians terkecil. Diperoleh Fhitung = 1,125 dan Ftabel diperoleh 1,787 pada taraf signifikan α = 0,05 siginifikan dengan dk pembilang 33 dan dk penyebut 33. Ternyata Fhitung < Ftabel maka disimpulkan data motivasi belajar PKn siswa bervarians sama. Uji hipotesis menggunakan uji-t, diperoleh thitung = 3,566 dan ttabel = 1,996 pada taraf signifikan α = 0,05 dk =66. Ternyata thitung lebih besar dari ttabel (3,566 > 1,996), maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh motivasi belajar PKn siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran Point Counter Point kelas V SDN Susukan 09 Pagi Jakarta Timur.