Abstrak  Kembali
DWI HANDAYANI YULFI. NIM: 1001135016. Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA 1 SMA N 3 Kabupaten Tangerang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jakarta: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar fisika siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA N 3 Kabupaten Tangerang, Banten pada kelas XI IPA 1 Semester genap tahun pelajaran 2013/2014 dengan Bab Kinetik Gas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan desain penelitiannya adalah korelasional dan teknik pengambilan sampelnya adalah puposive sampling. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu 30 siswa. Data diambil menggunakan angket dengan skala Likert dan tes. Uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dengan uji Liliefors dengan Galat Taksiran Sederhana didapatkan nilai Lhitung = 0,100 < 0,161 = Ltabel berarti kelas berdistribusi normal. Untuk uji homogenitas menggunakan ujiBartlett didapatkan nilai χ2 h= 11,95 dan χ2 t = 21,0 dengan taraf signifikansinya a = 0,05. Sehingga dapat disimpulkan χ2 h= 11,95 < 21,0 = χ2 t adalah homogen. Dan dalam pengujian hipotesis didapatkan nilai thitung = 2,547 dan ttabel = 2,05 dengan taraf signifikansinya a = 0,05 dan ttabel = 1,70 dengan taraf signifikansinya a = 0,01. Karena thitung= 2,547 > 2,05 = ttabeldan thitung= 2,547 >1,70 = ttabel. Pada kontribusi kecerdasan emosional terhadap hasil belajar fisika siswa hanya 16,241 %, sedangkan 83,759% ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti. Sehingga dapat disimpulkan walaupun hanya 16,241% berarti bahwa adanya hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA 1. Kata kunci: Kecerdasan Emosional, hasil belajar