Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh Metode Creative Thinking Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial di SDN Palmeriam 02 Petang Jakarta Timur. Penelitian dilaksanakan di SDN Palmeriam 02 Petang Jakarta Timur pada bulan Juni
2015. Semester II tahun ajaran 2014/2015. Sampel yang diambil menggunakan sampel jenuh. Peneliti mengambil sebanyak 80 siswa sampel dari populasi 80 siswa, terdiri dari 2 kelas, kelas VA sebanyak 40 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebanyak 40 siswa sebagai kelas
kontrol. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian eksperimen menggunakan metode creative thinking dan kelas kontrol menggunakan metode ceramah. Instrumen penelitian berupa
pilihan ganda sebanyak 40 butir soal. Instrumen tersebut terlebih dahulu diujicobakan kepada 30 siswa kelas V di SDN Pekayon 18 Pagi Jakarta Timur. Dari uji validitas hasil belajar IPS siswa
dengan rumus point biserial didapat 28 butir soal yang valid dan reliable.
Hasil penelitian, menunjukkan bahwa dalam uji validitas penelitian ini diperoleh dengan “r” poin berserial dengan n = 30 pada taraf signifikan = 0,05 di peroleh rtabel = 0,361, lalu
dibandingkan rhitung = 0,48 rtabel = 0,361. Kemudian untuk uji realibilitas diperoleh rhitung =
0,929 > rtabel = 0,361 maka dapat disimpulkan bahwa uji coba instrumen tersebut reliabel. Untuk
Lhitung untuk kelas ekperimen 0, 1122, Ltabel pada taraf signifikansi 0,05 untuk n 40 adalah
0,1401 maka dapat disimpulkan bahwa data kelas eksperimen berdistribusi normal, karena
hitung 0,1122 0,1401 tabel L L. Sedangkan hitung L untuk kelas kontrol sebesar 0,0859, Ltabel pada
taraf signifikansi 0,05 untuk n 40 adalah 0,1401, maka dapat disimpulkan bahwa data
kelas kontrol berdistribusi normal, karena hitung 0,0859 0,1401 tabel L L. Dari kedua kelas
tersebut diperoleh Fhitung = 0, 471 = < Ftabel = 1,705
.
Dengan demikian 0 H diterima dan kedua
kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam keadaan yang homogen, karena Fhitung = 0,
471 = < Ftabel = 1,705
.
Dengan demikian kelas eksperimen menggunakan metode creative thinking memperoleh
skor sebesar 22,00 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol tidak menggunakan metode
creative thinking dengan skor sebesar 15,725. Hasil pengujian hipotesis pada penelitian ini
setelah melakukan uji persyaratan analisis data, didapat thitung = 11,808 1,994 = ttabel yang
mengakibatkan H0 (hipotesis awal) ditolak. terdapat pengaruh metode Creative Thinking
terhadap hasil belajar IPS kelas V SDN Palmeriam 02 Petang.
|