Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Sunter Jaya 07 pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan media kartu bergambar model webbing. Media kartu bergambar model webbing digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dan untuk mengatasi masalah-masalah yang menghambat peningkatan hasil belajar tersebut, seperti guru hanya menggunakan metode konvensional yaitu, guru hanya memberikan instruksi kepada peserta didik dan memintanya untuk menghapal materi pelajaran.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Prosedur pelaksanaanya mengacu pada model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart dimana pada setiap siklusnya terdiri dari empat kegiatan pokok perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah peserta didik SDN Sunter Jaya 07 kelas III tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 42 siswa, terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 22 siswi perempuan. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah dengan menggunakan observasi, evaluasi, catatan lapangan dan dokumentasi, teknik evaluasi tersebut digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa dan lembar observasi yang diisi oleh observer sebagai kolaborator untuk mengetahui aktivitas guru serta interaksi guru dengan siswa maupun siswa dengan siswa, dan untuk melengkapi data tersebut digunakan catatan lapangan dan bukti dokumentasi sehingga penelitian ini memperoleh data yang objektif.
Berdasarkan hasil tes pra siklus yang telah dilakukan siswa diperoleh banyaknya peserta didik yang mencapai KKM yaitu 64 ada 27 orang siswa atau 64,28% pada evaluasi siklus I serta meningkat menjadi 34 orang siswa yang mencapai KKM atau 80,95% pada hasil evaluasi siklus II meningkat lagi dengan jumlah siswa yang mencapai KKM yaitu 40 orang siswa atau 95,24%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kartu bergambar model webbing berhasil meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas III SDN Sunter Jaya 07. Disarankan guru untuk menggunakan media kartu bergambar model webbing dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya untuk guru kelas tinggi ditingkat sekolah dasar.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas III SDN Sunter Jaya 07 Jakarta Utara.
|