Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada perbandingan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Value Clarification Technique dan metode Think Pair Share dalam mata pelajaran PKn kelas IV SDN Rawa Badak Selatan 09 Pagi Jakarta Utara, semester II tahun pelajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperiment. Instrument penelitian berupa tes obyektif pilihan ganda dengan empat pilihan jawaban, sebelum diberikan kepada obyek penelitian terlebih dahulu dilakukan uji coba instrument yaitu uji validitas dan uji reliabilitas. Sampel penelitian ini meliputi 30 siswa kelas IVA dan 30 siswa kelas IVB yang diambil melalui sampel jenuh, yaitu semua populasi dijadikan sampel. Uji validitas dengan rumus Point Biserial Correlation didapat 25 soal yang valid dan 5 soal yang tidak valid, sedangkan uji reliabilitas tes 0,361 ini dihitung dengan rumus K-R 20 (Kuder dan Richardson). Hasil pengujian normalitas menunjukkan bahwa diperoleh Ltabel pada taraf signifikansi α = 0,05 untuk n = 30 adalah 0,161 dan diperoleh pada kelas eksperimen I Lhitung = 0,093 dan pada kelas eksperimen II Lhitung = 0,1512 maka kedua kelompok berdistribusi normal. Hasil pengujian homogenitas menunjukkan bahwa diperoleh Fhitung = 1,5329 dan nilai Ftabel = 1,8608 dangan taraf signifikansi α = 0,05. Karena Fhitung ≤ Ftabel maka varians kedua kelompok adalah homogen. Setelah dilakukan uji persyaratan analisis data maka dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji –t maka diperoleh thitung = 5,15 sedangkan ttabel = 2,002. Karena thitung ≥ ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan ada perbandingan Metode ada perbandingan yang signifikan metode Value Clarification Technique (VCT) dengan metode Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN Rawa Badak Selatan 09 Jakarta Utara.