Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh metode Conceptual Understanding Prosedurs (CUPs) terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V SDN Kota Baru VI Bekasi Barat. Hipotesis yang diajukan adalah “Ada pengaruh metode Conceptual Understanding Prosedurs (CUPs) terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V SDN Kota Baru VI Bekasi Barat.”
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan menggunakan desain Quasi Eksperimen, populasi penelitian ini berjumlah 112 orang yang terdiri dari 3 kelas. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar siswa. Metode Conceptual Understanding Prosedurs (Variable X) dan hasil belajar Matematika (Variable Y) menggunakan tes hasil belajar sebanyak 40 soal, instrumen soal diuji cobakan di SDN Kota Baru VI di kelas V C yang berjumlah 37 orang siswa. Diuji cobakan untuk mendapatkan soal yang valid dan reliabel agar dapat layak digunakan.
Uji validitas diperoleh 31 soal yang valid dan 31 soal tersebut diuji reliabel menggunakan rumus KR20, hasilnya didapat rhitung 0,950 >rtabel 0,325 yang berarti soal tersebut reliabel. Hasil uji prasyarat analisis data yaitu uji normalitas dengan uji Lilifors, uji homogen dengan uji Fisher, dan uji hipotesis menggunakan uji t, berdasarkan hasil perhitungan uji normalitas pada kelas eksperimen didapat 𝐿𝐿hitung < 𝐿𝐿tabel (0,0988 < 0,1457). Dan uji Lilifors pada kelas kontrol didapat 𝐿𝐿hitung < 𝐿𝐿tabel (0,0793 < 0,1437). Setelah data berdistribusi normal dilanjutkan dengan uji homogen, hasil perhitungan uji homogen didapat 𝐹𝐹hitung 1,533 < 𝐹𝐹tabel 1,745, hal ini dapat disimpulkan kedua data tersebut bersifat homogen. Dan pengujian hipotesis menggunakan uji t dan didapat 𝑡𝑡hitung 5,79 < 𝑡𝑡tabel 1,669 maka H0 ditolak, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode Conceptual Understanding Prosedurs (CUPs) terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V SDN Kota Baru VI Bekasi Barat
|