Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya perbedaan hasil belajar IPS siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Cooperative Script dengan Think Pair and Share (TPS.) Hipotesis penelitian adalah “terdapat perbedaan hasil belajar IPS siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Cooperative Script dan Think Pair and Share (TPS)”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi-eksperimental design dalam bentuk “Nonequivalent Control Group Design”. Instrumen penelitian berupa soal pilihan ganda sebanyak 30 butir soal. Instrumen terlebih dahulu diuji cobakan di SDN Gandaria 2 Kab. Tangerang kepada 30 siswa. Uji validitas tes hasil belajar IPS siswa menggunakan rumus Point biserial dan didapat 30 butir soal yang valid. Uji reliabilitas tes hasil belajar IPS siswa menggunakan rumus KR-20. Berdasarkan hasil pengujian valid dan reliabel, instrumen penelitian layak untuk digunakan. Sebelum data dianalisis, dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas menggunakan uji Chi Kuadrat dan uji homogenitas menggunakan uji Fisher. Karena X 2 hitung 7,56 < X 2 tabel 7,81 untuk kelas eksperimen 1 dan X 2 hitung 1,75 < X 2 tabel 7,81 untuk kelas Eksperimen 2, maka disimpulkan bahwa data kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 berdistribusi normal. Untuk uji homogenitas didapat 1,9023< . ( , )1,9472maka disimpulkan bahwa varians kedua kelas tersebut sama, berarti sampel homogen. Uji hipotesis menggunakan uji-t, didapat thitung 2,822 > ttabel (0,05) 2,007 dan thitung 2,822 > ttabel (0,05) 2,675 maka H0 ditolak. Berdasarkan hasil perhitungan uji t bahwa H0 ditolak berarti terdapat terdapat perbedaan hasil belajar IPS siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Cooperative Script dengan Think Pair and Share (TPS). maka Model Pembelajaran Cooperative Script lebih unggul dibandingkan dengan Think Pair and Share (TPS) dalam Hasil Belajar IPS siswa kelas 5 SDN Bakung 2 Kab. Tangerang.