Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya
perbedaan hasil belajar IPS siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Cooperative Script dengan Think Pair and Share (TPS.) Hipotesis penelitian adalah “terdapat perbedaan hasil belajar IPS siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Cooperative Script dan Think Pair and Share (TPS)”.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi-eksperimental
design dalam bentuk “Nonequivalent Control Group Design”. Instrumen
penelitian berupa soal pilihan ganda sebanyak 30 butir soal. Instrumen terlebih
dahulu diuji cobakan di SDN Gandaria 2 Kab. Tangerang kepada 30 siswa. Uji
validitas tes hasil belajar IPS siswa menggunakan rumus Point biserial dan
didapat 30 butir soal yang valid. Uji reliabilitas tes hasil belajar IPS siswa
menggunakan rumus KR-20.
Berdasarkan hasil pengujian valid dan reliabel, instrumen penelitian layak
untuk digunakan. Sebelum data dianalisis, dilakukan uji persyaratan yaitu uji
normalitas menggunakan uji Chi Kuadrat dan uji homogenitas menggunakan uji
Fisher. Karena X 2
hitung 7,56 < X 2
tabel 7,81 untuk kelas eksperimen 1 dan X 2
hitung
1,75 < X 2
tabel 7,81 untuk kelas Eksperimen 2, maka disimpulkan bahwa data
kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 berdistribusi normal. Untuk uji
homogenitas didapat 1,9023< . ( , )1,9472maka disimpulkan
bahwa varians kedua kelas tersebut sama, berarti sampel homogen. Uji hipotesis
menggunakan uji-t, didapat thitung 2,822 > ttabel (0,05) 2,007 dan thitung 2,822 > ttabel
(0,05) 2,675 maka H0 ditolak.
Berdasarkan hasil perhitungan uji t bahwa H0 ditolak berarti terdapat
terdapat perbedaan hasil belajar IPS siswa yang diajar menggunakan model
pembelajaran Cooperative Script dengan Think Pair and Share (TPS). maka
Model Pembelajaran Cooperative Script lebih unggul dibandingkan dengan Think Pair and Share (TPS) dalam Hasil Belajar IPS siswa kelas 5 SDN Bakung 2 Kab. Tangerang.
|