INDAH BUDININGTYAH. NIM: 1101135010. Pengaruh Pendekatan Scaffolding Melalui Metode Problem Posing Within Solution Posing Terhadap Hasil Belajar Fisika.Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jakarta: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2015.
Penelitiaan ini dilakukan untuk mengetahui adak tidaknya pengaruh penggunaan pendekatan Scafolding melalui Metode Problem Posing Within Solution Posing Terhadap Hasil Belajar terhadap hasil belajar fisika. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Tangerang Selatan pada kelas X Multimedia semester genap tahun pelajaran 2014/2015 dengan Bab Dinamika Rotasi.Merode penelitian yang digunakan adalah metode Pre-Eksperimen dengan Desain Pre-test dan Post-test Group. Dan dengan teknik pengambilan subjek penelitian adalah Simple Random Sampling. Subjek penelitian yang digunakan adalah 30 siswa.Sebelum Instrumen penelitian digunakan dalam pengambilan data, terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Pada uji validitas rumus yan digunakan adalah korelasi Product moment dan dihasilkan dari jumlah soal 20 didapatkan 16 soal yang valid dan 4 soal yang tidak valid. Sedangkan untuk pengujian reliabilitas digunakan rumus Alpha Cronbach dan didapatkanrhitung = 0, 75879 >0,344, = rtabel. Maka dapat disimpulkan instrumen yang digunaka reliabel dengan tingkat intepretasi yang tinggi. Untuk tahap selanjutnya dilakukan pengambilan data dan dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dengan uji dan uji homogenitas Liliefors dengan Galat Taksiran Sederhana didapatkanLhitung = 0,115 dan Ltabel = 0,161 dengan taraf signifikansinya α = 0,05 dan jumlah siswa (n) sebanyak 30 siswa. Sehingga dapat disimpulkan Lhitung = 0,115 < Ltabel = 0,61 berarti kelas eksperimen berdistribusi normal. Untuk uji homogenitas digunakan Uji Barlet. Xhitung = 34,964 dan nilai Xtabel = 43,7729 dengan taraf signifikansinya α = 0,05. Sehingga dapat disimpulkan Xhitung = 34,964 < Xtabel = 43,7729; maka kelas eksperimen adalah homogen. Dalam pengujian hipotesis didapatkan nilai thitung = 3.572 dengan banyanknya sampel 30 siswa dan taraf signifikansinya α = 0,05 didapatkan nilai ttabel = 1,70 . Karena thitung = 3.572 > ttabel = 1,70 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan pembelajaran Pendekatan Scaffoldig melalui metode Problem Posing within solution posing terhadap hasil belajar fisika siswa.
Kata kunci: Pendekatan Scaffolding, Metode Problem Posing Within Solution Posing, hasil belajar
|