Santika Dewi Purnama. Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resource Based Learning (RBL) dengan Menggunakan Teknik Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Skripsi. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membuktikan secara empiris bahwa terdapat pengaruh penerapan metode Resouce Based Learning (RBL) dengan menggunakan teknik Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap hasil belajar fisika siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Haurgeulis, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat pada semester genap tahun akademik 2014/2015. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X, dan yang menjadi sampel penelitian yaitu kelas X-3 yang berjumlah 30 siswa dengan menngunakan teknik Simple Random Sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pra-eksperimen (pre-experimental design) dalam bentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Berdasarkan uji normalitas dengan uji liliefors didapat nilai Lhitung = 0,100 < Ltabel = 0,161 berarti kelas eksperimen berdistribusi normal. Uji homogenitas menggunakan uji Bartlet didapat nilai = 7,955 < = 24,9958 maka H0 diterima dan varians galat homogen. Setelah data berdistribusi normal dan homogen maka dilakukan pengujian hipotesis. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t dengan rumus product moment, berdasarkan hasil perhitungan didapatkan hasil nilai thitung = 2,417 dan ttabel = 1,70 dapat disimpulkan bahwa thitung = 2,417 > ttabel = 1,70. Berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan metode pembelajaran RBL dengan menggunakan teknik TAPPS terhadap hasil belajar fisika siswa.
Kata kunci: Metode RBL, Teknik TAPPS, Hasil Belajar
|