Abstrak  Kembali
Fariz Ferdian. NIM: 0901135024. Perngaruh Metode Pembelajaran Science Literacy Circle Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa di SMA Sejahtera 1 Depok. Skripsi: Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh metode pembelajaran science literacy circle terhadap hasil belajar fisika siswa. Berdasarkan hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh metode pembelajaran science literacy circle terhadap hasil belajar fisika siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre experimental design.dengan populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Sejahtera 1 Depok, sedangkan populasi terjangkaunya adalah siswa kelas X. Sampel diambil secara acak. Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah one group pretest-posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian berupa tes tertulis yaitu pilihan ganda sebanyak 35 soal yang valid dan reliabel, selanjutnya menghitung taraf kesukaran dan daya pembeda soal. Uji persyaratan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Perhitungan uji normalitas dengan menggunakan uji lilliefors galat taksiran pada taraf 0,05, sedangkan uji homogenitas menggunakan uji varians populasi (uji bartlett). Dari hasil uji normalitas didapat Lhitung sebesar 0,127 dan Ltabel sebesar 0,150, karena Lhitung < Ltabel, berarti hipotesis nol (H0 ) diterima. Dan kesimpulannya adalah skor galat taksiran Y atas X berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Sedangkan hasil homogenitas diperoleh nilai χ2 hitung sebesar 2,378 dengan harga χ2 tabel pada α = 0,05 dengan dk = 29 yaitu sebesar 42,557 sehingga dapat disimpulkan bahwa pengelompokan data posttest atas pretest memiliki varians yang homogen. Berdasarkan nilai yang didapat dari tabel t dengan taraf signifikasi α = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = 34 didapat ttabel = 2,032. Sedangkan diperoleh thitung sebesar 5,913. Karena thitung > ttabel 5,913 > 2,032 maka H0 ditolak. Dengan demikian H1 diterima yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran science literacy circle terhadap hasil belajar fisika siswa. Kata kunci: Metode Pembelajaran Science Literacy Circle, Hasil Belajar Fisika Siswa