Fariz Ferdian. NIM: 0901135024. Perngaruh Metode Pembelajaran Science
Literacy Circle Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa di SMA Sejahtera 1 Depok.
Skripsi: Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2013.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh metode
pembelajaran science literacy circle terhadap hasil belajar fisika siswa.
Berdasarkan hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat
pengaruh metode pembelajaran science literacy circle terhadap hasil belajar fisika
siswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre experimental
design.dengan populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA
Sejahtera 1 Depok, sedangkan populasi terjangkaunya adalah siswa kelas X.
Sampel diambil secara acak. Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah
one group pretest-posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen
penelitian berupa tes tertulis yaitu pilihan ganda sebanyak 35 soal yang valid dan
reliabel, selanjutnya menghitung taraf kesukaran dan daya pembeda soal.
Uji persyaratan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas
dan uji homogenitas. Perhitungan uji normalitas dengan menggunakan uji
lilliefors galat taksiran pada taraf 0,05, sedangkan uji homogenitas menggunakan
uji varians populasi (uji bartlett). Dari hasil uji normalitas didapat Lhitung sebesar
0,127 dan Ltabel sebesar 0,150, karena Lhitung < Ltabel, berarti hipotesis nol (H0 )
diterima. Dan kesimpulannya adalah skor galat taksiran Y atas X berasal dari
populasi yang berdistribusi normal. Sedangkan hasil homogenitas diperoleh nilai
χ2
hitung sebesar 2,378 dengan harga χ2
tabel pada α = 0,05 dengan dk = 29 yaitu
sebesar 42,557 sehingga dapat disimpulkan bahwa pengelompokan data posttest
atas pretest memiliki varians yang homogen.
Berdasarkan nilai yang didapat dari tabel t dengan taraf signifikasi α = 0,05 dan
derajat kebebasan (dk) = 34 didapat ttabel = 2,032. Sedangkan diperoleh thitung
sebesar 5,913. Karena thitung > ttabel 5,913 > 2,032 maka H0 ditolak. Dengan
demikian H1 diterima yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh penggunaan
metode pembelajaran science literacy circle terhadap hasil belajar fisika siswa.
Kata kunci: Metode Pembelajaran Science Literacy Circle, Hasil Belajar
Fisika Siswa
|