NOVITA YUSNIAWATI. NIM 1101135016. Pengaruh Metode Pembelajaran(React – Inquiry Training) dan Gaya Belajar (Field Independen – Dependen) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Skripsi. Jakarta. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh metode pembelajaran (React – Inquiry Training) dan gaya belajar (Field Independen – Dependen) terhadap hasil belajar fisika siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 15 TANGERANG pada semester 2 tahun ajaran 2014-2015. Populasi penelitian ini berjumlah 35 orang siswa yanng seluruhnya diteliti. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik random sampling (Anova Dua Jalur). Penelitian ini menggunakan metode pendekatan saintifik. Setelah data berdistribusi normal dan linier berdasarkan uji normalitas dan uji homogenitas, dilanjutkan dengan analisis varians (ANAVA DUA JALUR). Berdasarkan hasil perhitungan ANAVA di dapat F (A) hitung > F (A) tabel atau( 2,28 > 2,00). Pengujian hipotesis dilakukan dengan menghitung korelasi product momen dan didapat rhitung > rtabel atau rhitung = 0,586 > rtabel = 0,334 berarti Ho ditolak. Oleh karena itu, hasil penelitian ini disimpulkan bahwa ada pengaruh metode pembelajaran (React – Inquiry Training) dan gaya belajar (Field Independen – Dependen) terhadap hasil belajar fisika siswa. Kata kunci : Metode Pembelajaran (React – Inquiry Training), gaya belajar (Field Independen – Dependen), Hasil Belajar, Fisika.
|