Tashwirul Fanny. 1101135029. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Predict, Observe, Explain, Write (POEW) melalui Penggunaan Metode Experimenting and Discussion terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Skripsi. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris apakah terdapat pengaruh dari penerapan model pembelajaran POEW (Predict, Observe, Explain, Write) melalui penggunaan metode experimenting and discussion terhadap hasil belajar fisika siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 104 Jakarta pada kelas X semester genap tahun ajaran 2014-2015 pada materi Optika Geometris. Metode penelitian yang digunakan adalah pre eksperimen dengan desain penelitian one group pretest posttest design. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah kelas X SMA Negeri 104 Jakarta.
Sebelum dilakukan pengujian hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dengan uji Liliefors dengan Galat Taksiran Sederhana, kemudian didapatkan nilai Lhitung = 0,1365 < Ltabel = 0,1565. Berarti kelas eksperimen berdistribusi normal. Untuk uji homogenitas menggunakan uji Barttlet pada kelas eksperimen dengan nilai χhitung = 23,2607 < χtabel = 30,1435 dengan taraf siginifikansi α = 0,05 maka data adalah homogen. Dalam pengujian hipotesis didapatkan nilai thitung = 2,443 dan taraf signifkansinya α = 0,05 didapatkan nilai ttabel = 1,694 . karena thitung =2,443 > ttabel= 1,694 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran POEW (Predict, Observe, Explain, Write) melalui penggunaan metode experimenting and discussion terhadap hasil belajar fisika siswa.
Kata kunci: POEW (Predict, Observe, Explain, Write), Experimenting and Discussion, hasil belajar
|