Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbandingan
hasil belajar siswa dengan menggunakan media Herbariumdalam mata pelajaran IPA kelas IV SDN Jatinegara 02 Pagi Jakarta Timur, semester II tahun pelajaran 2014/2015.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi
eksperiment.Instrument penelitian berupa tes obyektif pilihan ganda dengan empat
pilihan jawaban, sebelum diberikan kepada obyek penelitian terlebih dahulu
dilakukan uji coba instrument yaitu uji validitas dan uji reliabilitas.Sampel
penelitian ini meliputi 32 siswa kelas IVA dan 30 siswa kelas IVB yang diambil
melalui sampel jenuh, yaitu semua populasi dijadikan sampel. Uji validitas
dengan rumus Point Biserial Correlation didapat 35 soal yang valid dan 5 soal
yang tidak valid, sedangkan uji reliabilitas tes 0,875 ini dihitung dengan rumus KR
20 (Kuder dan Richardson).Hasil pengujian normalitas menunjukkan bahwa
diperoleh Ltabel(0,156) ≤ Lhitung dengan taraf signifikansi α = 0,05 untuk n = 30
yaitu diperoleh pada kelas eksperimen I Lhitung(0,1481) dan pada kelas eksperimen
II Lhitung (0,1106) maka kedua kelompok berdistribusi normal.
Hasil pengujian homogenitas menunjukkan bahwa diperoleh Fhitung (1,024)
≤ Ftabel (1,8585) dangan taraf signifikansi α = 0,05 maka varians kedua kelompok
adalah homogen.
Setelah dilakukan uji persyaratan analisis data maka dilakukan uji
hipotesis dengan menggunakan uji –t hasil perhitungan diperoleh thitung (5,1818) ≥
ttabel (2,00) maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan
terdapat pengaruh yang signifikan dengan menggunakan media
herbariumterhadap hasil belajar IPA Siswa Pada Kelas IV SDN Jatinegara 02
Pagi Jakarta Timur.
|