Abstrak  Kembali
HOERUDIN. NIM: 1101135008. Perbandingan Penggunaan Model Pembelajaran Problem Posing dengan Creative Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Skripsi. Jakarta : FKIP Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris terdapat atau tidak perbandingan dari dua model pembelajaran yaitu model pembelajaran problem posing dengan model pembelajaran model creative problem solving ini terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X Tahun Ajaran 2014/2015. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat perbandingan penggunaan model pembelajaran problem posing dengan model creative problem solving terhadap hasil belajar fisika siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Cikarang Utara pada semester genap kelas X Tahun Ajaran 2014/2015. Pelaksanaan penelitian dimulai dari tanggal 13 April 2015 sampai dengan 18 Mei 2015. Populasi target yaitu seluruh SMAN 1 Cikarang Utara, sedangkan populasi terjangkau seluruh siswa kelas X. Adapun sempel seluruhnya berjumlah 76 siswa yang berasal dari dua kelas yaitu kelas X MIA 2 sebanyak 38 siswa dan kelas X MIA 3 sebanyak 38 siswa. Adapun kelas X MIA 3 dipilih sebagai kelas eksperimen 2 dengan menerapkan model problem posing sedangkan kelas X MIA 2 dipilih sebagai kelas eksperimen 1 dengan menerapkan model creative problem solving. Dari hasil analisis deskripsi data, didapatkan nilai rata-rata kelas eksperimen 2 nilai rata-rata kelas didapat sebesar 77,34 sedangkan untuk kelas eksperimen 1 sebesar 84. Ini berarti nilai rata-rata kelas eksperimen 1 lebih besar dibandingkan dengan kelas eksperimen 2. Sedangkan untuk menguji hipotesis yang dianalisis menggunakan uji-t, dari hasil perhitungan didapat nilai thitung > ttabel atau 4,27 > 1,99 yaitu H0 ditolak artinya terdapat perbandingan penggunaan model pembelajaran problem posing dengan model creative problem solving terhadap hasil belajar fisika siswa, dari data diatas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran creative problem solving lebih baik dari pada model pembelajaran problem posing. Kata Kunci : Model pembelajaran Problem Posing, Model Creative Problem Solving Hasil Belajar Fisika