Abstrak  Kembali
Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah “terdapat pengaruh model Think Pair Write (TPW) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV Pekayon 16 Pagi Jakarta Timur”. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pekayon 16 Pagi Jakarta timur pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Sampel diambil secara keseluruhan anggota sample menjadi objek penelitian (sample acak) dengan mengambil sebanyak 38 siswa dari populasi sebanyak 152 siswa yang terdiri dari 4 kelas. Metode yang digunakan adalah metode pree experimental design dengan menggunakan 1 kelompok yang diteliti yaitu kelompok eksperimen diberikan model pembelajaran Think Pair Write. Instrumen penelitian berupa pilihan ganda sebanyak 40 butir soal. Instrumen terlebih dahulu diuji cobakan kepada 30 siswa kelas IVB di SDN Pekayon 16 Pagi. Dari uji validitas hasil belajar IPA siswa dengan rumus korelasi biserial didapat 30 butir soal yang valid dan reliabel. Sebelum data dianalisis, sebelumnya dilakukan uji prasyaratan yaitu uji normalitas menggunakan uji Lilliefors Galat Taksiran dan uji homogenitas menggunakan uji bartlet. Karena Lhitung=0,129<0,147=Ltabel maka disimpulkan data berdistribusi normal. Untuk uji homogenitas, karena Fhitung< Ftabel (3,736<37,7), maka disimpulkan sampel berasal dari populasi yang homogen. Uji hipotesis menggunakan uji-t, didapat thitung=3,98>1,69= ttabel maka H0 ditolak. Terdapat pengaruh model Think Pair Write (TPW) terhadap hasil belajar IPA siswa.