Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya perbedaan terhadap hasil belajar pkn menggunakan metode inquiry dan discovery terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV Kalideres 12 pagi pada semester 2 tahun ajaran 2014-2015.
Penelitian ini dilakukan di SDN Kalideres 12 Pagi Kelas IV A dan Kelas IV B pada Semester Genap Tahun Ajaran 2014/2015. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif, metode penelitian yang digunakan adalah True Eksperimen. Sampel peneliti meliputi 30 siswa kelas IVA sebagai kelas Inquiry dan 30 siswa Kelas IVB sebagai kelas Discovery di SDN Kalideres 12 Pagi. Instrument penelitian sebelumnya diujikan di SDN Tengah 11 Pagi kepada 30 siswa. Uji validitas instrument dengan menggunakan rumus Korelasi Point Biserial dengan hasil 30 soal valid dan 10 soal drop, sedangkan uji reliabilitas dengan rumus KR-20 diperoleh rhitung = 0.7795 > rtabel =0.361, maka instrument reliabel.
Sebelum data dianalisis, dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas menggunakan uji Liliefors diperoleh pada kelas Inquiry thitung = 0. 0729 < ttabel = 0.1617, dan pada kelas Discovery thitung =0.0808 < ttabel = 0.161 maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Uji homogenitas digunakan uji Fisher diperoleh fhitung = 1.07 < ftabel =1.86 maka dapat disimpulkan h0 ditolak dan h1 diterima, maka h0 diterima, artinya data bersifat homogen.
Pada uji hipotesis digunakan kriteria pengujian terima Ho jika thitung ≤ ttabel , maka tidak terdapat perbedaan hasil belajar PKn. Tolak Ho jika thitung > ttabel, maka terdapat perbedaan hasil belajar PKn. Berdasarkan uji-t diperoleh thitung = 2,28 > ttabel =2,0021 pada 𝛼𝛼 = 0.05 dan dk = 72. Maka thitung = 2,28 >ttabel=2,0021 dengan demikian hipotesis penelitian diterima, yang menyatakan adanya perbedaan yang signifikan Terhadap Hasil Belajar PKn menggunakan Metode Inquiry dan Discovery siswa kelas IV SDN Kalideres 12 Pagi.
|