Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan jawaban dari permasalahan yang diajukan, yaitu apakah ada Pengaruh Metode expanding Panel terhadap Hasil Belajar IPS di Kelas VI SDN Daru 3 Jambe Kabupaten Tangerang. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Daru 3 Kecamatan Jambe Kabupaten Tangerang sejak Juli 2014 sampai Januari 2015. Jenis metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif eksperimen. Adapun Populasi dalam penelitian ini adalah 55 siswa kelas VI A dan VI B SDN Daru 3 Jambe, dan sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 55 siswa, kelas VI A = 25 siswa dan Kelas VI-B = 30 siswa, dengan teknik ( Sampling Jenuh ). Teknik yang digunakan untuk mengukur hasil belajar IPS siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah tes pilihan ganda (multiple choice test) guna mengukur kognitif siswa dalam hal memahami materi atau teori yang dipelajari dalam proses pembelajaran IPS. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah seperangkat soal berbentuk pilihan ganda dengan Jumlah soal yang diberikan sebanyak 20 nomor soal yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Dari hasil penelitian uji normalitas menggunakan uji lilifors, dengan taraf signifikan α = 0,05, untuk kelas eksperimen didapat Lhitung = 0,1112 dan Ltabel = 0,161, sedangkan kelas kontrol didapat Lhitung = 0,1103 dan Ltabel = 0,161. Karena Lhitung < Ltabel, berarti H0 diterima dan kesimpulannya adalah sampel yang digunakan berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Uji-f untuk homogenitas dengan taraf signifikan α = 0,05. Diperoleh Fhitung = 0,73 < 1,212 = Ftabel, maka H0 diterima, sehingga disimpulkan bahwa sampel berasal dari populasi yang mempunyai varian yang sama atau homogen. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai rata-rata X1 = 77,58 dan rata-rata X2 = 55,56. Setelah itu, dilakukan penghitungan uji-t, lalu thitung diperoleh sebesar 3.172 Dengan dk sebesar 53 ( 25+30-2 ) maka diperoleh ttabel pada taraf signifikan α = 0,05 sebesar 1.6755 thitung > thitung maka penelitian ini dapat disimpulkan H0 ditolak. Dengan demikian terdapat Pengaruh Metode Expanding Panel Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VI SDN DARU 3 Kecamatan Jambe Kabupaten Tangerang.