Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan jawaban dari permasalahan yang
diajukan, yaitu apakah ada Pengaruh Metode expanding Panel terhadap Hasil Belajar IPS di
Kelas VI SDN Daru 3 Jambe Kabupaten Tangerang.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Daru 3 Kecamatan Jambe Kabupaten Tangerang
sejak Juli 2014 sampai Januari 2015. Jenis metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode kuantitatif eksperimen. Adapun Populasi dalam penelitian ini adalah 55 siswa
kelas VI A dan VI B SDN Daru 3 Jambe, dan sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 55
siswa, kelas VI A = 25 siswa dan Kelas VI-B = 30 siswa, dengan teknik ( Sampling Jenuh ).
Teknik yang digunakan untuk mengukur hasil belajar IPS siswa kelas eksperimen dan
kelas kontrol adalah tes pilihan ganda (multiple choice test) guna mengukur kognitif siswa
dalam hal memahami materi atau teori yang dipelajari dalam proses pembelajaran IPS.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah seperangkat soal berbentuk pilihan
ganda dengan Jumlah soal yang diberikan sebanyak 20 nomor soal yang telah diuji validitas
dan reliabilitas.
Dari hasil penelitian uji normalitas menggunakan uji lilifors, dengan taraf signifikan α
= 0,05, untuk kelas eksperimen didapat Lhitung = 0,1112 dan Ltabel = 0,161, sedangkan kelas
kontrol didapat Lhitung = 0,1103 dan Ltabel = 0,161. Karena Lhitung < Ltabel, berarti H0
diterima dan kesimpulannya adalah sampel yang digunakan berasal dari populasi yang
berdistribusi normal. Uji-f untuk homogenitas dengan taraf signifikan α = 0,05. Diperoleh
Fhitung = 0,73 < 1,212 = Ftabel, maka H0 diterima, sehingga disimpulkan bahwa sampel
berasal dari populasi yang mempunyai varian yang sama atau homogen.
Dari hasil perhitungan diperoleh nilai rata-rata X1 = 77,58 dan rata-rata X2 = 55,56.
Setelah itu, dilakukan penghitungan uji-t, lalu thitung diperoleh sebesar 3.172 Dengan dk
sebesar 53 ( 25+30-2 ) maka diperoleh ttabel pada taraf signifikan α = 0,05 sebesar 1.6755 thitung
> thitung maka penelitian ini dapat disimpulkan H0 ditolak. Dengan demikian terdapat Pengaruh
Metode Expanding Panel Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VI SDN DARU 3
Kecamatan Jambe Kabupaten Tangerang.
|