Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Hasil Belajar PKn Materi Globalisasi Antara Model Inside Outside Circle dengan Model Paired Storytelling Pada Siswa Kelas 4 SDN Meruya Selatan 04 Pagi Jakarta Barat. Hipotesis penelitian ini adalah “Terdapat Perbedaan Hasil Belajar PKn Materi Globalisasi Antara Model Inside Outside Circle dengan Model Paired Storytelling Pada Siswa Kelas 4 SDN Meruya Selatan 04 Pagi Jakarta Barat”. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Meruya Selatan 04 Pagi pada semester genap tahun ajaran 2014/2015. Populasi pada penelitian ini yaitu kelas IVA Sebanyak 34 Siswa menggunakan Model Inside Outside Circle dan siswa Kelas IV B sebanyak 34 Siswa menggunakan Model Paired Storytelling. Sempel yang digunakan adalah sempel jenuh. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif ekperimen dengan pendekatan “Quasi Eksperimen”. Instrumen penelitian ini sebelum diberikan kepada objek penelitian terlebih dahulu dilakukan uji coba instrument yaitu uji validitas.
Sebelum data dianalisis dilakukan terlebih dahulu uji persyaratan yaitu uji normalitas menggunakan uji liliefors dan uji homogenitas menggunakan uji fisher. Pada kelas yang menggunakan Model Inside Outside Circle pengujian normalitas Lhitug = 0,1217 dan kelas yang menggunkan Model Paired Storytelling didapat Lhitung = 0,1375 . Ltabel pada kelas yang menggunakan model Inside Outside Circle dan kelas yang menggunakan model Paired Storytelling adalah 0,1519, karna pada kedua kelompok Lhitung < Ltabel maka disimpulkan data kedua kelompok berdistribusi normal. Uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,47dengan Ftabel = 2,34, Karna Fhitung < Ftabel, maka disimpulkan variansi kedua kelompok sama, berarti sempel berasal dari populasi yang homogen.Uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh thitung = 3,37 pada taraf signifikan = 0,05 dengan derajat kebebasan (dk) 66 didatpat Ttabel = 1,998 karena Thitung > Ttabel maka Ho ditolak. Dengan demikian H1 diterima yang menyatakan bahwa terdapat Perbedaan Hasil Belajar PKn Materi Globalisasi Antara Model Inside Outside Circle dengan Model Paired Storytelling Pada Siswa Kelas 4 SDN Meruya Selatan 04 Pagi Jakarta Barat.
|