Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk menemukanperbedaandari penggunaan media pembelajaran Card Sort dengan media pembelajaran Index Card Matchterhadap hasil belajar IPA siswa kelas V. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kalisari 03 Pagi pada semester 2 tahun ajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini berjumlah 58 siswa terbagi atas dua kelas yaitu kelas VA berjumlah 29 siswa dan kelas VB berjumlah 29 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah sampel jenuh. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan korelasi deskriptif kuantitatif. Setelah data berdistribusi normal berdasarkan uji normalitas, dilanjutkan dengan uji homogenitas. Berdasarkan hasil perhitungan degradasi linier di peroleh varian kelas eksperimen1102,849 dan varian kelas eksperimen287,278 dan hasil perhitungan uji homogenitas didapat Fhitung< Ftabel (1,17˃1,89). Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan rumus uji-t dan didapat rhitung> rtabel (4,23 ˃ 2,01) yang berarti Ho ditolak. Oleh karena itu, hasil penelitin ini disimpulkan bahwa terdapat perbedaan dari penggunaan media pembelajaran Card Sort dengan media pembelajaran Index Card Matchterhadap hasil belajar IPA siswa kelas V di SDN Kalisari 03 Pagi.