Penelitian ini bertujuan untuk menemukanperbedaandari penggunaan media
pembelajaran Card Sort dengan media pembelajaran Index Card Matchterhadap
hasil belajar IPA siswa kelas V. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kalisari 03
Pagi pada semester 2 tahun ajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini berjumlah
58 siswa terbagi atas dua kelas yaitu kelas VA berjumlah 29 siswa dan kelas VB
berjumlah 29 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah sampel jenuh.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan korelasi deskriptif kuantitatif.
Setelah data berdistribusi normal berdasarkan uji normalitas, dilanjutkan dengan
uji homogenitas. Berdasarkan hasil perhitungan degradasi linier di peroleh varian
kelas eksperimen1102,849 dan varian kelas eksperimen287,278 dan hasil
perhitungan uji homogenitas didapat Fhitung< Ftabel (1,17˃1,89). Pengujian
hipotesis dilakukan dengan menggunakan rumus uji-t dan didapat rhitung> rtabel
(4,23 ˃ 2,01) yang berarti Ho ditolak. Oleh karena itu, hasil penelitin ini
disimpulkan bahwa terdapat perbedaan dari penggunaan media pembelajaran
Card Sort dengan media pembelajaran Index Card Matchterhadap hasil belajar
IPA siswa kelas V di SDN Kalisari 03 Pagi.
|