Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya perbedaan hasil belajar IPA siswa yang menggunakan metode Beach Ball dan metode TGT (Team Game Tournament). Penelitian ini dilaksanakan di SDN Cibuntu 05 Cibitung pada semester 2 tahun pelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini berjumlah 60 orang siswa yang seluruhnya diteliti. Teknik sampling diambil dengan menggunakan sampling jenuh. Penelitian ini menggunakan adalah metode quasi eksperimen. Instrumen penelitian berupa soal pilihan ganda sebanyak 28 butir soal. Instrumen terlebih dahulu diuji cobakan kepada 30 siswa kelas 4 SDN Mekarwangi 02. Dari uji validitas hasil belajar IPA siswa dengan rumus Point biserial didapat 20 butir soal yang valid. Sebelum data dianalisis, sebelumnya dilakukan uji prasyaratan yaitu uji normalitas menggunakan uji Chi-kuadrat. Pada pengujian normalitas data kelompok eksperimen 1 diperoleh hitung =6,97 dan kelompok eksperimen 2 diperoleh nilai hitung=11,26. Pada tabel α = 1% dan db=3 nilai tabel = 11,345. Untuk data kelompok eksperimen 1 dan hitung < α maka berdistribusi normal. Untuk uji homogenitas pada taraf signifikansi α = 0,01, dk pembilang = 29 dan dk penyebut = 29 diperoleh Fhitung =1,11 dengan Ftabel = 2,42 karena Fhitung < F(0,01;(29,29)) (1,11 < 2,42), maka disimpulkan varians kedua kelompok sama, berarti sampel berasal dari populasi yang homogen. Uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh thitung = 4,00 tidak memenuhi kriteria – ttabel(0,975:58) = -2,002 ≤ thitung ≤ ttabel(0,95:58) = 2,002 maka H0 ditolak. Demikian H1 diterima yang menyatakan bahwa adanya perbedaan hasil belajar IPA siswa yang menggunakan metode Beach Ball dengan yang menggunakan metode TGT (Team Game Tournament).