Panji Nugroho. Implementasi Pendidikan Moral melalui Sistem Trisentra (Alam
keluarga, Alam Perguruan, dan Alam Masyarakat) Pendidikan Ki Hajar Dewantara di SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Yogyakarta. Skripsi. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah PROF. DR. HAMKA, 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) implementasi pendidikan
moral melalui sistem trisentra Ki Hajar Dewantara, (2) metode pendidikan moral yang digunakan SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yang diharapkan
mampu mengeksplorasi makna yang terdapat dalam sistem trisentra pendidikan Ki Hajar Dewantara. Teknik analisis yang digunakan adalah triangulasi data dengan cara memeriksa data yang berasal dari analisis observasi nonpartisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Adapun pengumpulan data melalui observasi nonpartisipan dilakukan dengan mengamati, mencatat, dan menganalisis kegiatan pendidikan moral di sekolah. Wawancara mendalam melibatkan beberapa informan
diantaranya kepala sekolah, para pamong, tokoh masyarakat, orang tua siswa, dan siswa. Dokumentasi mengumpulkan data berupa arsip dan foto-foto selama penelitian.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perubahan dalam implementasi
pendidikan moral melalui sistem trisentra pendidikan Ki Hajar Dewantara yaitu sekolah melaksanakannya melalui olah rasa dan seni budaya, serta penerapan among methode berupa keseimbangan peran orang tua/keluarga, perguruan, dan masyarakat.
Alam keluarga sebagai pusat pendidikan pertama memberikan dasar-dasar keyakinan dan nilai moral dengan cara memberikan ketauladanan kepada siswa. Alam perguruan sebagai pusat kedua pendidikan mengintegrasikan moral dalam kurikulum dengan cara menambah pelajaran ketamansiswaan yang terdiri dari budi pekerti, seni dan budaya serta menerapkan among methode. Alam masyarakat sebagai pusat pendidikan moral ketiga memberikan pendampingan pada siswa, mengontrol siswa, mengenalkan nilai-nilai moral mengenai adat istiadat dan norma-norma yang ada di
masyarakat. Metode pendidikan moral yang digunakan sekolah adalah metode among yang di implementasikan dengan cara mengasuh, membimbing, dan menghambakan anak dengan cara memberikan tauladan, menggerakan kemampuan siswa, dan memberi kebebasan untuk mengembangkan bakat dan kekuatan lahir batin sebagai keluhuran moral siswa yang berguna bagi kemajuan kehidupan untuk khalayak ramai.
|