Nuzul Astuti. 1101045478. Perbedaan Model Pembelajaran Student Recap dan Value Clarification Technique (VCT) terhadap Hasil Belajar PKn siswa Kelas IV SDN Pulogebang 08 Pagi Jakarta Timur.Skripsi. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan dengan menggunakan Model Pembelajaran Student Recap dan Value Clarification Technique (VCT) Siswa Kelas IV SDN Pulogebang 08 Pagi Jakarta Timur pada semester 2 tahun ajaran 2014-2015. Populasi penelitian ini berjumlah 77 siswa dan siswa yang diteliti berjumlah 70 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik simple random sampling dengan pengacak anak yang akan dijadikan sampel. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan Quasi Eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pilihan ganda sebanyak 30 soal. Berdasarkan perhitungan dengan uji-t (t-test) diperoleh thitung sebesar 3,545 dan ttabel dengan taraf signifikan α = 0,05, taraf kebebasan (dk) = 68 sebesar 1,677 maka thitung > ttabel sehingga H0 ditolak. Oleh karena itu, hasil penelitian ini disimpulkan bahwa ada perbedaan antara model pembelajaran Student Recap dan Value Clarification Technique (VCT) terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV. Dengan rata-rata hasil belajar menggunakan model Student Recap 81,17 lebih tinggi dari pada rata-rata hasil belajar menggunakan model Value Clarification Technique 74,23
|