Irma Ocktaviyani. NIM. 1101045147. Perbedaan Antara Penggunaan Model Pembelajaran dan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Cibubur 04 Pagi. Skripsi. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar siswa antara penggunaan model pembelajaran concept sentence dan cooperative integrated reading and composition (circ) pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN Cibubur 04 Pagi Jakarta Timur. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Cibubur 04 Pagi pada semester 2 tahun ajaran 2014-2015. Populasi penelitian ini berjumlah 74 orang siswa yang keseluruhan diteliti. teknik sampling yang digunkan yaitu sampling jenuh yang terdiri dari, kelas eksperimen A berjumlah 37 siswa dan kelas eksperimen B berjumlah 37 siswa. Uji validitas dengan Korelasi Point Biserial didapat 20 soal yang valid dan 10 soal tidak valid (drop). Uji reliabilitas dengan K-R 20 didapat 𝑟𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 0,871 > 0,334 = 𝑟(0,05,37) maka instrument reliabel.
Uji normalitas menggunakan uji Lilliefors. Untuk kelas eksperimen A didapat 𝐿𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 0,0838 < 0,1456 = 𝐿(0,05,37), sedangkan kelas eksperimen B 𝐿𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 0,1349 < 0,1456 = 𝐿(0,05,37), maka dapat disimpulkan sampel kedua data tersebut sampel berdistribusi normal. Uji homogenitas menggunakan uji Fisher, diperoleh 𝐹𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 1,25< 1,72 𝐹(0,05, 36 , 36 ), dapat disimpulkan sampel kedua data tersebut berasal dari populasi yang homogen. Perolehan nilai kelas eksperimen A untuk rata-rata sebesar 81,35, dan perolehan nilai kelas eksperimen B untuk rata-rata sebesar 75,14. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t, didapat 𝑡𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔= 2,4741 > 2,000𝑡(0,05, 36 , 36 ), dengan taraf signifikasi ∝ = 0,05. Hal ini berarti tolak Ho maka hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara penggunaan model pembelajaran Concept Sentence dan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas IV SDN Cibubur 04 Pagi. Degan demikian hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan menggunakan model Concept Sentence lebih baik dibandingkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC).
|