IRMA INDRIANI: NIM: 1101045433. Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa menggunakan Pendekatan Realistic Mathematic Education dan Pendekatan Deduktif di SDS Sejahtera Pademangan Jakarta Utara. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, September 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penggunaan pendekatan Realistik Matematik Education dan pendekatan deduktif. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan pendekatan Realistic Matematik Education dan pendekatan Deduktif.
Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling dengan sampel penelitian sebanyak 40 siswa yang terdiri dari 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan 20 siswa sebagai kelas kontrol. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini true eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SDS Sejahtera Pademangan Jakarta Utara pada kelas V.A dan V.B pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015.
Instrumen penelitian berupa soal essay sebanyak 11 soal. Instrumen terlebih dahulu di uji cobakan di SDN Semper Barat 15 Pagi Jakarta Utara kepada 23 siswa. Uji validitas tes hasil belajar matematika siswa menggunakan rumus Product Moment dan didapat 11 soal valid. Uji reliabilitas tes hasil belajar matematika siswa menggunakan rumus Alpha Cronbach. Berdasarkan pengujian, instrumen penelitian reliabel dan layak untuk digunakan. Uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan uji Fisher.
Pengujian hipotesis uji-t diperoleh 𝑡𝑡hitung= 2,9972 > 2,0243 = 𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡 dengan taraf signifikan0,05α=maka0Hditolak. Hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diperoleh dengan pendekatan realistic matematik education dan pendekatan deduktif siswa di SDS Sejahtera Pademangan Jakarta Utara.
|