Irfan Ramadhan, NIM : 1101045432. “Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas IV di SD Negeri Ciracas 07 Pagi Jakarta Timur”. Skripsi. Jakarta. Program Studi Ilmu Pendidikan, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas IV SD Negeri Ciracas 07 Pagi Jakarta Timur. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Ciracas 07 Pagi semester dua tahun ajaran 2014-2015. Ada pengaruh yang signifikan terhadap pengaruh penggunaan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) terhadap hasil belajar PKn kelas IV SD Negeri Ciracas 07 Pagi Jakarta Timur. Sampel penelitian ini meliputi 33 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan dari kelas IV di SD Negeri Ciracas 07 Pagi Jakarta Timur. Penelitian ini dilakukan secara berkelompok, setiap kelompok terdiri dari 5-6 siswa. Setiap siswa diminta untuk terlibat langsung di dalam kegiatan pembelajaran dengan berani mengungkapkan pendapatnya di depan siswa lainnya. Instrumen berupa tes objektif sebanyak 25 soal dengan 4 pilihan jawaban. Validitas tes dihitung dengan korelasi Point Biseril. Koefisiensi Reliabilitas dihitung dengan menggunakan rumus KR-20. Uji normalitas hasil hasil tes menggunakan Liliefors. Pada Pre-test sebelum menggunakan Model Value Clarification Technique (VCT) diperoleh LO = 0,1700 Ltabel = 0,1542 pada α = 0, 05 dan kelas Post-tes yang telah menggunakan Model Value Clarification Technique (VCT) diperoleh LO = 0,1669 Ltabel = 0,1542 pada α = 0, 05. Pada kedua data tersebut ternyata LO < Ltabel maka dapat disimpulkan kedua sampel tersebut berdistribusi normal. Uji homogenitas hasil tes menggunakan uji Fisher. Diperoleh Fhitung = 1,557 pada signifikasi α = 0, 05 dengan db pembilang 32 dan db penyebut 32 didapat Ftabel = 1,808 ternyata Fhitung < Ftabel maka dapat disimpulkan kedua sampel homogen. Uji hipotesis menggunakan uji t. Diperoleh thintung = 8,853 dan ttabel = 1,99868 pada α = 0, 05 maka ternyata thitung > ttabel maka H0 ditolak H1 diterima. Kesimpulan akhir dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) terhadap hasil belajar PKn dari siswa kelas IV SD Negeri Ciracas 07 Pagi Jakarta Timur.
|