IRENE ARSITA. NIM: 1101045146. Pengaruh Metode Sustained Silent Reading Terhadap Minat Membaca Siswa Kelas III Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SDN Cipinang Besar Utara 10 Pagi Jakarta Timur. Skripsi. Jakarta: Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, 2015.
Diadakannya penelitian ini dikarenakan kurangnya minat membaca siswa yang terjadi pada siswa kelas III SDN Cipinang Besar Utara 10 Pagi Jakarta Timur, ini disebabkan oleh kurangnya buku bacaan disekolah, menontonnya guru dalam memberikan metode pembelajaran, serta tidak adanya kebebasan terhadap siswa dalam pemilihan buku bacaan. Oleh karena itu, dengan menggunakan metode Sustained Silent Reading diharapkan dapat meningkatkan minat membaca siswa kelas III SDN Cipinang Besar Utara 10 Pagi Jakarta Timur.
Penelitian ini merupakan kuantitatif dengan menanamkan metode Sustained Silent Reading dalam pembelajaran bahasa Indonesia khususnya keterampilan membaca. Yang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya Pengaruh Metode Sustained Silent Reading Terhadap Minat Membaca Siswa Kelas III Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SDN Cipinang Besar Utara 10 Pagi Jakarta Timur. Penelitian ini terdiri dari 2 variabel yaitu variabel bebas (x) yaitu pengaruh metode Sustained Silent Reading, dan variabel terikat (y) yaitu minat membaca. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas III 52 siswa dari dua kelas. Pengambilan sample dilakukan dengan teknik random sampling. Instrumen penelitian berupa angket minat membaca sebanyak 30 pernyataan. Uji validitas angket minat membaca dengan menggunakan rumus pearson product moment diperoleh 30 pernyataan. Koefisiensi Reliabilitas Angket ini dihitung dengan rumus Alpha yang menghasilkan pada kelas eksperimen 0,53 dan kelas control 0,25.
Sebelum data dianalisis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data dengan uji normalitas yaitu dengan chi kuadrat serta homogenitas. Untuk angket minat membaca kelas eksperimen diperoleh Lhitung < Ltabel yaitu 19,11 < 38,88 dan angket minat membaca kelas kontrol diperoleh Lhitung < Ltabel yaitu 38,36 < 38,93, berarti hipotesis nol diterima diterima dan kesimpulannya adalah sampel yang digunakan berdistribusi NORMAL. Hasil perhitungan uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,66 dan Ftabel = 1,95 pada ɑ = 0.05 dengan dk pembilang 26 dan dk penyebut 26. Ternyata Fhitung < Ftabel, maka dapat disimpulkan data hasil tes dan angkat varians homogen. Uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh thitung < ttabel yaitu 8,86 < 1,68 pada taraf signifikan ɑ = 0,05 maka Ho ditolak. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode Sustained Silent Reading terhadap minat membaca siswa kelas III SDN Cipinang Besar Utara 10 Pagi Jakarta Timur.
|