Abstrak  Kembali
INE ANDRIYANTI. NIM: 1101045143. Perbandingan Metode Discovery Learning dan Metode Problem Posing Tipe Within Solution Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SDN Pekayon 16 Pagi Jakarta Timur. Skripsi. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2015. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat perbandingan antara metode Discovery Learning dan metode Problem Posing Tipe Within Solution. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membuktikan perbandingan metode Discovery Learning dan metode Problem Posing Tipe Within Solution terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Pekayon 16 Pagi Jakarta Timur pada semester 2 tahun ajaran 2014-2015. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pekayon 16 Pagi Jakarta Timur kelas V pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sampling jenuh bahwa sekolah SDN Pekayon 16 Pagi Jakarta Timur memiliki tiga kelas, yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas control dan kelas VC untuk melakukan uji coba validitas.saat melakukan uji coba soal validitas kepada 32 siswa. Uji validitas instrumen dengan menggunakan rumus Korelasi Point Biserial dengan hasil 30 soal valid dan 10 soal yang tidak valid, sedangkan uji reliabilitas dengan rumus KR-20 diperoleh rhitung = 0,95> rtabel = 0,394, maka instrumen reliabel. Sebelum data dianalisis, dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas menggunakan uji Chi Kuadratdan uji homogenitas menggunakan uji Fisher. Pada kelas eksperimen pengujian normalitas didapat χ²hitung = 4,54<7,81 = χ²tabel dan kelas kontrol χ²hitung = 5,45<7,81 = χ²tabel dengan taraf signifikansi α = 0,05 maka dapat disimpulkan, data kedua kelompok tersebut berdistribusi normal. Untuk uji homogenitas diperoleh Fhitung< Ftabel(0,05)(1,016471< 1,8400) dengan taraf signifikansi α = 0,05, dk pembilang = 29 dan dk penyebut = 29, maka disimpulkan varians kedua kelompok homogen. Uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh thitung = 2,1676843 > 1,671 = ttabel dengan taraf signifikansi α = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) 58, maka H0 ditolak yang menyatakan bahwa terdapat perbandingan Metode Discovery Learning dan Metode Problem Posing Tipe Within Solution terhadap Hasil Belajar IPA. Di dalam perhitungan statistik, Metode Discovery Learning lebih unggul dibandingkan dengan metode Problem Posing Tipe Within Solution dalam Hasil Belajar IPA siswa kelas V SDN Pekayon 16 Pagi Jakarta Timur.