Abstrak  Kembali
Indah Ayu Cahyani. NIM : 1101045140. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Penggunaan Strategi Pembelajaran Peer Lessons dengan Jigsaw Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V SDN Sukatani 5 Depok. Skripsi. Jakarta : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar siswa antara penggunaan strategi pembelajaran Peer Lessons dengan Jigsaw pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V di SDN Sukatani 5 Depok. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Variabel bebas : strategi pembelajaran Peer Lessons dan Jigsaw. Variabel terikat : hasil belajar ilmu pengetahuan sosial. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sukatani 5 Depok Kelas V. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Sukatani 5 Depok sebanyak 72 siswa yang terdiri dari 36 siswa kelas VA dan 36 siswa kelas VB. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh.Instrumen yang peneliti gunakan adalah tes dalam bentuk pilihan ganda dengan empat pilihan jawaban. Uji Validitas instrumen menggunakan Korelasi Point Biserial didapat 22 soal yang valid dan 13 soal yang tidak valid. Uji reliabilitas dengan K-R 20 didapat (0,729 > 0,308), maka instrumen reliabel. Uji normalitas menggunakan uji Liliefors. Untuk Peer Lessons didapat dan pada taraf signifikansi 0,05 adalah 0,1476 maka , sedangkan Jigsaw didapat dan , maka , dapat disimpulkan bahwa kedua sampel berdistribusi normal. Uji homogenitas menggunakan uji Fisher, diperoleh (1,41 < 1,75), dapat disimpulkan sampel kedua data tersebut berasal dari populasi yang homogen. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t, didapat yaitu (2,476 > 1,997), dengan taraf signifikansi α = 0,05. Berdasarkan hasil analisi maka Ho ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara penggunaan strategi pembelajaran Peer Lessons dengan Jigsaw pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V SDN Sukatani 5 Depok