IMAM SYAFEI : 1101045427 “Perbedaan Hasil Belajar IPS Antara
Metode Problem Solving Dengan Metode Discovery Siswa Kelas IV SDN
Pondok Kacang Barat 03”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah
PROF. DR. HAMKA, Jakarta. 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan
hasil belajar IPS antara metode Problem Solving dengan metode Discovery.
Penelitian ini dilakukan di SDN Pondok Kacang Barat 03 Tangerang
Selatan di kelas IV Semester II Tahun ajaran 2014-2015. Metode penelitian yang
digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan Quasi eksperimen. Teknik
pengambilan data yang digunakan adalah sampel jenuh, sampel penelitian ini
meliputi 60 siswa. Kelas IV A (30 siswa) dan IV B (30 siswa). Di SDN Pondok
Kacang Barat 03 Tangerang Selatan yang diambil menggunakan metode quasi
eksperimen yaitu untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan antara metode
Problem Solving dengan Discovery terhadap hasil belajar IPS. Instrumen
penelitian yang digunakan berupa soal pilihan ganda yang berjumlah 30 soal.
Instrumen penelitian ini sebelum diberikan kepada objek penelitian
dilakukan dahulu uji coba instrument yaitu uji validitas dan reliabilitas. Uji
validitas dengan rumus Point Biserial di dapat 30 soal yang valid dan 10 soal
yang tidak valid, sedangkan uji reliabilitas dengan rumus K-R 20 sebesar 0,987.
Sebelum data dianalisis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan yaitu uji
normalitas denga uji Liliefors serta uji homogenitas dengan menggunakan uji
Fisher. Uji normalitas kelas eksperimen di dapat L = 0,0877 < 0,161 Ltabel
sedangkan untuk kelas Kontrol L = 0,1061 < 0,161 Ltabel maka dapat
disimpulkan bahwa kedua sampel berdistribusi normal. Hasil perhitungan
homogenitas diperoleh F = 1,11 < 1,87 = Ftabel, hal ini berarti populasi dua
data tersebut mempunyai varians yang homogeny Penguji statistic dengan
mengunakan uji-t didapat L =3,815 dan ttabel = 2,002 dengan taraf
signifikan α = 0,05 dengan derajat kebebasan adalah 58.
Hasil Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat Perbedaan yang
signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Pondok Kacang Barat
03 Tangerang Selatan.
|