Abstrak  Kembali
IMAM SYAFEI : 1101045427 “Perbedaan Hasil Belajar IPS Antara Metode Problem Solving Dengan Metode Discovery Siswa Kelas IV SDN Pondok Kacang Barat 03”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah PROF. DR. HAMKA, Jakarta. 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar IPS antara metode Problem Solving dengan metode Discovery. Penelitian ini dilakukan di SDN Pondok Kacang Barat 03 Tangerang Selatan di kelas IV Semester II Tahun ajaran 2014-2015. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan Quasi eksperimen. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah sampel jenuh, sampel penelitian ini meliputi 60 siswa. Kelas IV A (30 siswa) dan IV B (30 siswa). Di SDN Pondok Kacang Barat 03 Tangerang Selatan yang diambil menggunakan metode quasi eksperimen yaitu untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan antara metode Problem Solving dengan Discovery terhadap hasil belajar IPS. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal pilihan ganda yang berjumlah 30 soal. Instrumen penelitian ini sebelum diberikan kepada objek penelitian dilakukan dahulu uji coba instrument yaitu uji validitas dan reliabilitas. Uji validitas dengan rumus Point Biserial di dapat 30 soal yang valid dan 10 soal yang tidak valid, sedangkan uji reliabilitas dengan rumus K-R 20 sebesar 0,987. Sebelum data dianalisis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas denga uji Liliefors serta uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher. Uji normalitas kelas eksperimen di dapat L = 0,0877 < 0,161 Ltabel sedangkan untuk kelas Kontrol L = 0,1061 < 0,161 Ltabel maka dapat disimpulkan bahwa kedua sampel berdistribusi normal. Hasil perhitungan homogenitas diperoleh F = 1,11 < 1,87 = Ftabel, hal ini berarti populasi dua data tersebut mempunyai varians yang homogeny Penguji statistic dengan mengunakan uji-t didapat L =3,815 dan ttabel = 2,002 dengan taraf signifikan α = 0,05 dengan derajat kebebasan adalah 58. Hasil Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat Perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Pondok Kacang Barat 03 Tangerang Selatan.