IKHSAN MARZUKI. NIM: 1101045425. Perbedaan Model Pembelajaran POE (Prediction, Observation, Explanation) dengan Model TGT (Teams Games Tournament) dalam Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 03 Rambutan Pagi Jakarta Timur. Penggunaan Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Agustus 2015
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya perbedaan Model Pembelajaran POE (Prediction, Observation, Explanation) dengan Model TGT (Teams Games Tournament) pada hasil belajar IPA.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN 03 Rambutan Pagi Jakarta Timur kelas V pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sampling jenuh bahwa sekolah SDN 03 Rambutan Pagi Jakarta Timur memiliki tiga kelas, yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas control dan kelas VC untuk melakukan uji coba validitas.saat melakukan uji coba soal validitas kepada 30 siswa. Uji validitas instrumen dengan menggunakan rumus Korelasi Point Biserial dengan hasil 33 soal valid dan 7 soal yang tidak valid, sedangkan uji reliabilitas dengan rumus KR-20 diperoleh rhitung = 0,628 > rtabel = 0,361, maka instrumen reliabel.
Sebelum data dianalisis, dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas menggunakan uji Chi Kuadrat dan uji homogenitas menggunakan uji Fisher. Pada kelas eksperimen pengujian normalitas didapat χ²hitung = 4,26 < 7,81 = χ²tabel dan kelas kontrol χ²hitung = 6,94 < 7,81 = χ²tabel dengan taraf signifikansi α = 0,05 maka dapat disimpulkan, data kedua kelompok tersebut berdistribusi normal. Untuk uji homogenitas diperoleh Ftabel(0,975) < Fhitung < Ftabel(0,05) (0,529 < 1,18736 < 1,86) dengan taraf signifikansi α = 0,05, dk pembilang = 29 dan dk penyebut = 29, maka disimpulkan varians kedua kelompok homogen.
Uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh thitung = 4,034 > 2,000 = ttabel dengan taraf signifikansi α = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) 58, maka H0 ditolak yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan Perbedaan Model Pembelajaran POE (Prediction, Observation, Explanation) dengan Model TGT (Teams Games Tournament) dalam Hasil Belajar IPA.
Di dalam perhitungan statistik, Model Pembelajaran POE (Prediction, Observation, Explanation) lebih unggul dibandingkan dengan model TGT (Teams Games Tournament) dalam Hasil Belajar IPA siswa kelas 5 SDN SDN 03 Rambutan Pagi Jakarta Timur.
|