IIP KOSWARA.NIM: 1101045423.“Perbedaan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Antara Model Pembelajaran Concept SentenceDengan Model Pembelajaran Complete Sentence Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Ciracas 08 Pagi Jakarta Timur”. Skripsi. Program Studi PendidikanGuru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Jakarta. 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empirik ada atau tidaknyaPerbedaan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Antara Model Pembelajaran Concept SentenceDengan Model Pembelajaran Complete Sentence Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Ciracas 08 Pagi Jakarta Timur.
Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode koasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVA dan IVB di Sekolah Dasar Negeri Ciracas 08 Pagi Jakarta Timur. Sampel yang digunakan sebanyak 60 siswa dari kelas IVA sebanyak 30 siswa dan kelas IVB sebanyak 30 siswa, sampel yang digunakan sampel jenuh atau semua populasi akan dijadikan sampel.Instrumen penelitian hasil belajar berupa tes objektif pilihan ganda. Sebelum digunakan dalam penelitian, instrumen terlebih dahulu diuji cobakan kepada 30 siswa selain responden, dan hasil uji coba diperoleh 30 butir soal tes hasil belajar Bahasa Indonesia yang valid dari 40 butir soal dengan rumus point biserial correlation.
Untuk pengujian reliabilitas tes dengan rumus K-R 20 di peroleh 𝑟𝑟ℎ𝑖𝑖𝑖𝑖𝑖𝑖=4,102>0,361= 𝑟𝑟𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡 sehingga instrumen penelitian ini dapat dikatakan reliabel dan layak digunakan. Uji normalitas menggunakan uji lilliefors dengan taraf signifikan α = 0,05 dan n = 30. Kelas yang menggunakan model pembelajaranConcept Sentencediperoleh 𝐿𝐿ℎ𝑖𝑖𝑖𝑖𝑖𝑖= 0,1293< 0,1610=𝐿𝐿𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡dan kelas yang menggunakan model pembelajaran Complete Sentence diperoleh 𝐿𝐿ℎ𝑖𝑖𝑖𝑖𝑖𝑖= 0,1286 < 0,1610=𝐿𝐿𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡, maka dapat disimpulkan bahwa data kedua kelas berdistribusi normal. Uji homogenitas menggunakan uji fisher dengan taraf signifikan α = 0,05, dk pembilang dan dk penyebut = 29 diperoleh𝐹𝐹ℎ𝑖𝑖𝑖𝑖𝑖𝑖= 1,45<1,86 = 𝐹𝐹𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡, maka dapat disimpulkan varians kedua kelas adalah homogen. Uji hipotesis menggunakan uji-tpada taraf signifikan α = 0,05, dan derajat kebebasan (dk) = 68 diperoleh 𝑡ℎ𝑖𝑖𝑖𝑖𝑖𝑖= 3,120>𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡= 2,002, maka Ho ditolak dan H1 diterima.
Dari hasil uji t yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar Bahasa Indonesia antara model pembelajaran Concept Sentence dengan model pembelajaran Complete Sentencesiswakelas IV Sekolah Dasar Negeri Ciracas 08 Pagi Jakarta Timur.
|