Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat Pengaruh Penggunaan
Strategi Know Want Learn Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SDN Ujung Menteng 04 Pagi Cakung Jakarta Timur, semester II tahun
pelajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi
eksperiment. Instrument penelitian berupa tes obyektif pilihan ganda dengan
empat pilihan jawaban, sebelum diberikan kepada obyek penelitian terlebih
dahulu dilakukan uji coba instrument yaitu uji validitas dan uji reliabilitas. Sampel penelitian ini meliputi 30 siswa kelas IIIA dan 30 siswa kelas IIIB yang diambil melalui sampel jenuh, yaitu semua populasi dijadikan sampel.
Uji validitas dengan rumus Point Biserial Correlation didapat 30 soal yang
valid dan 10 soal yang tidak valid, sedangkan uji reliabilitas tes 0,312 ini dihitung dengan rumus K-R 20 (Kuder dan Richardson). Hasil pengujian normalitas menunjukkan bahwa diperoleh Ltabel pada taraf signifikansi α = 0,05 untuk n = 30 adalah 0,161 dan diperoleh pada kelas eksperimen Lhitung = 0,064 dan pada kelas kontrol Lhitung = 0,1359 maka kedua kelompok berdistribusi normal. Hasil pengujian homogenitas menunjukkan bahwa diperoleh Fhitung = 1,66 dan nilai Ftabel = 1,8585 dangan taraf signifikansi α = 0,05. Karena Fhitung ≤ Ftabel maka varians kedua kelompok adalah homogen.
Setelah dilakukan uji persyaratan analisis data maka dilakukan uji
hipotesis dengan menggunakan uji –t maka diperoleh thitung = 5,35 sedangkan ttabel = 2,002. Karena thitung ≥ ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian,
dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan strategi Know Want Learn
terhadap hasil belajar bahasa indonesia siswa kelas III sdn ujung menteng 04 pagi cakung jakarta timur.
|