DIANA ALFIANI ARIPIN. Persepsi Siswa Tentang Layanan Bimbingan dan
Konseling terhadap Minat Berkonseling Siswa pada MTs Al Huda Cibinong-
Bogor. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, 2015.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persepsi sebagian siswa yang beranggapan
bahwa layanan bimbingan dan konseling hanya untuk tindakan mendisiplikan
siswa-siswa yang nakal saja. Persepsi itulah yang mengakibatkan rendahnya minat
siswa untuk berkonseling.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang
terdiri dari dua variabel, yaitu variabel X (Persepsi siswa tentang layanan
bimbingan dan konseling) dan variabel Y (Minat berkonseling). Populasi dalam
penelitian ini adalah siswa MTs Al Huda cibinong, yang berjumlah 138
orang.Penentuan sampel dengan teknik simple random sampling. Perhitungan
sampel menggunakan 25% dari populasi ,sehingga diperoleh 34 responden.
Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Validitas yang
digunakan adalah korelasi pearson product moment yang menujukkan instrumen
pada variabel X (Persepsi siswa tentang layanan bimbingan dan konseling) 30
item pernyatan dan variabel Y (Minat berkonseling) 30 item pernyataan yang
tersebut valid. Uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach yang menunjukkan
indeks reliabilitas 0,361.Hasil analis data uji normalitas dan uji linieritas regresi
yang menunjukan skor berdistribusi normal dan berpola linier. Nilai Ltabel yang
diperoleh pada uji normalitas adalah 0,1519. Lhitung pada variabel X adalah
0,1082, maka Lhitung< Ltabel atau 0,1082 < 0,1519 dan Nilai Lhitung normalitas pada
variabel Y adalah 0,1302, maka Lhitung< Ltabel atau 0,1302 < 0,1519. Hasil
pengolahan uji linieritas regresi FhitungRtabel atau 0,461 > 0,334. Dengan
demikian maka Ha diterima, artinya persepsi siswa tentang layanan bimbingan dan
konseling terhadap minat berkonseling siswa, artinya ada hubungan yang
signifikan antara keduanya.
Kata Kunci :Persepsi siswa, layanan bimbingan dan konseling, minat
berkonseling
|