Abstrak  Kembali
DIANA ALFIANI ARIPIN. Persepsi Siswa Tentang Layanan Bimbingan dan Konseling terhadap Minat Berkonseling Siswa pada MTs Al Huda Cibinong- Bogor. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, 2015. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persepsi sebagian siswa yang beranggapan bahwa layanan bimbingan dan konseling hanya untuk tindakan mendisiplikan siswa-siswa yang nakal saja. Persepsi itulah yang mengakibatkan rendahnya minat siswa untuk berkonseling.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang terdiri dari dua variabel, yaitu variabel X (Persepsi siswa tentang layanan bimbingan dan konseling) dan variabel Y (Minat berkonseling). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MTs Al Huda cibinong, yang berjumlah 138 orang.Penentuan sampel dengan teknik simple random sampling. Perhitungan sampel menggunakan 25% dari populasi ,sehingga diperoleh 34 responden. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Validitas yang digunakan adalah korelasi pearson product moment yang menujukkan instrumen pada variabel X (Persepsi siswa tentang layanan bimbingan dan konseling) 30 item pernyatan dan variabel Y (Minat berkonseling) 30 item pernyataan yang tersebut valid. Uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach yang menunjukkan indeks reliabilitas 0,361.Hasil analis data uji normalitas dan uji linieritas regresi yang menunjukan skor berdistribusi normal dan berpola linier. Nilai Ltabel yang diperoleh pada uji normalitas adalah 0,1519. Lhitung pada variabel X adalah 0,1082, maka Lhitung< Ltabel atau 0,1082 < 0,1519 dan Nilai Lhitung normalitas pada variabel Y adalah 0,1302, maka Lhitung< Ltabel atau 0,1302 < 0,1519. Hasil pengolahan uji linieritas regresi FhitungRtabel atau 0,461 > 0,334. Dengan demikian maka Ha diterima, artinya persepsi siswa tentang layanan bimbingan dan konseling terhadap minat berkonseling siswa, artinya ada hubungan yang signifikan antara keduanya. Kata Kunci :Persepsi siswa, layanan bimbingan dan konseling, minat berkonseling