Abstrak  Kembali
Arum Jati (1101015009). Hubungan berpikir positif dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Skripsi. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan hubungan berpikir positif dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling. Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (UHAMKA) tahun akademik 2014-2015. Populasi penelitian ini mahasiwa semester akhir dalam penyelesaian skripsi yang berjumlah 95 orang mahasiswa. Sampel penelitian berjumlah 48 orang mahasiswa, teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampel sistematis (systematic sampling) yaitu persampelan dilakukan dengan sistematis berdasarkan nomor urutan populasi dengan pengambilan sampel berdasarkan urutan nomor genap. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif asosiatif. Setelah data berdistribusi normal berdasarkan uji kenormalan Lillifors Galat Taksiran dan homogen berdasarkan uji homogenitas Bartlett, dilanjutkan dengan analisis koefisien korelasi Product moment pearson. Berdasarkan hasil perhitungan homogenitas diperoleh X2 hitung = 14,74056 dan sedangkan X2 tabel = 33,9 sehingga menghasilkan X2 hitung < X2 tabel, sehingga Ho (homogen) diterima. Pengujian hipotesis dilakukan dengan perhitungan koefisien korelasi product moment pearson diperoleh rhitung sebesar -0,000150 dan rtabel dengan taraf signifikan 0,05 sebesar 0,284. Maka dengan demikian rxy < rtabel yaitu - 0,000150 < 0,284 H0 diterima atau dapat interpretasikan bahwa tidak ada hubungan antara variabel berpikir positif dengan prokrastinasi akademik mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (UHAMKA). Kata kunci : berpikir positif, prokrastinasi akademik