Arum Jati (1101015009). Hubungan berpikir positif dengan prokrastinasi
akademik pada mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling FKIP
Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Skripsi. Jakarta: Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA,
2015.
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan hubungan berpikir positif
dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa program studi Bimbingan dan
Konseling. Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (UHAMKA)
tahun akademik 2014-2015. Populasi penelitian ini mahasiwa semester akhir
dalam penyelesaian skripsi yang berjumlah 95 orang mahasiswa. Sampel
penelitian berjumlah 48 orang mahasiswa, teknik sampling yang digunakan adalah
teknik sampel sistematis (systematic sampling) yaitu persampelan dilakukan
dengan sistematis berdasarkan nomor urutan populasi dengan pengambilan
sampel berdasarkan urutan nomor genap. Penelitian ini menggunakan metode
pendekatan kuantitatif asosiatif. Setelah data berdistribusi normal berdasarkan uji
kenormalan Lillifors Galat Taksiran dan homogen berdasarkan uji homogenitas
Bartlett, dilanjutkan dengan analisis koefisien korelasi Product moment pearson.
Berdasarkan hasil perhitungan homogenitas diperoleh X2
hitung = 14,74056 dan
sedangkan X2
tabel = 33,9 sehingga menghasilkan X2
hitung < X2
tabel, sehingga Ho
(homogen) diterima.
Pengujian hipotesis dilakukan dengan perhitungan koefisien korelasi
product moment pearson diperoleh rhitung sebesar -0,000150 dan rtabel dengan
taraf signifikan 0,05 sebesar 0,284. Maka dengan demikian rxy < rtabel yaitu -
0,000150 < 0,284 H0 diterima atau dapat interpretasikan bahwa tidak ada
hubungan antara variabel berpikir positif dengan prokrastinasi akademik
mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (UHAMKA).
Kata kunci : berpikir positif, prokrastinasi akademik
|