Abstrak  Kembali
Novi Jahrotul Janah Hubungan Kecerdasan Emosi dan Spiritual (ESQ) dengan Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Semester Enam FKIP UHAMKA Tahun Akademik 2012-2013. Skripsi. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA 2015. Komunikasi interpersonal setiap mahasiswa yang satu dan yang lain berbeda. Prsoses komunikasi tidak selamanya mudah manusia memerlukan adanya kecerdasan. Kecerdasan yang dimaksud disini bukan hanya kecerdasan dari segi kecerdasan intelektual (IQ-Intelegence Quotient) saja melainkan dari segi kecerdasan emosi (EQ-Emotional Quotient) dan kecerdasan spiritual (SQ-Spiritual Quotient). Penelitian ini membahas mengenai kecerdasan hati yaitu kecerdasan emosi (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) dengan menggunakan teori Ary Ginanjar Agustian yang menggabungkan kecerdasan tersebut menjadi kecerdasan emosi dan spiritual (ESQ- Emotional and Spiritual Quotient). Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh hasil hubungan kecerdasan emosi dan spiritual (ESQ) dengan komunikasi interpersonal mahasiswa bimbingan dan konseling semester enam. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan korelasional kuantitatif. Populasi penelitian adalah mahasiswa program studi bimbingan dan konseling FKIP UHAMKA berjumlah 147 mahasiswa dengan sampel berjumlah 30 mahasiswa . Teknik sampling yang digunakan adalah teknik proportionate stratified random sampling. Hasil pengujian hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan korelasi Spearman Rho bahwa ρhitung > ρtabel (0, 971 > 0, 364), yang berarti H0 ditolak H1 diterima karena terdapat hubungan antara variabel kecerdasan emosi dan spiritual (ESQ) dengan komunikasi interpersonal maka dapat disimpulkan bahwa, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosi dan spiritual (ESQ) dengan komunikasi interpersonal mahasiswa bimbingan dan konseling semester enam FKIP UHAMKA tahun akademik 2012-2013. Kata Kunci: Kecerdasan emosi dan spiritual (ESQ), komunikasi interpersonal