LILIK SUSANTI. 1101015042. Pengaruh Perilaku Asertif terhadap Kedisiplinan
Siswa Kelas XI MAN 13 Jakarta. Skripsi. Jakarta. Program Studi Bimbingan dan
Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Prof. Dr. HAMKA.
2015.
Penelitian bertujuan untuk memperoleh hasil dan mengetahui ada atau
tidaknya pengaruh perilaku asertif terhadap kedisiplinan siswa kelas XI MAN 13
Jakarta. Permasalahan yang muncul yaitu permasalahan siswa yang semakin
memprihatinkan dengan kebiasaan-kebiasaan yang tidak bertanggung jawab terhadap
diri pribadi sebagai siswa seperti melakukan pelanggaran-pelanggaran yang telah
ditetapkan di sekolah dan disepakati sebelumnya sehingga siswa banyak yang tidak
disiplin terhadap aturan yang ada, hal tersebut salah satunya disebapkan oleh ketidak
mampuan siswa untuk berperilaku asertif.
Populasi berjumlah 258 orang siswa dengan sample 39 orang siswa yang
diambil dari 15% dari jumlah populasi. Teknik sampling yang digunakan adalah
simple rangom sampling dengan cara undian. Penelitian menggunakan pendekatan
korelasi deskriptif kuantitatif. Setelah data berdistribusi normal dan homogenitas
berdasarkan uji normalitas menggunakan uji lilliefors Galat Taksiran dan uji
homogenitas menggunakan uji Bartlett. Berdasarkan hasil perhitungan uji normalitas
didapat L0 < L tabel (0,0992 < 0,1419) dan hasil uji homogenitas ܺଶ௧௨ < ܺ௧ଶ (20,232 < 25,0).
Pengujian hipotesa dilakukan dengan menggunakan uji-t. Hasil perhitungan
penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh perilaku
asertif terhadap kedisiplinan siswa kelas XI MAN 13 Jakarta yaitu 4,73. Kesimpulan
yang didapatkan adalah Ho ditolak dan sesuai dengan hipotesa penelitian yaitu ada
pengaruh perilaku asertif terhadap kedisiplinan siswa kelas XI MAN 13 Jakarta.
Kata kunci : perilaku asertif, kedisiplinan, siswa.
|