Abstrak  Kembali
LILIK SUSANTI. 1101015042. Pengaruh Perilaku Asertif terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas XI MAN 13 Jakarta. Skripsi. Jakarta. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Prof. Dr. HAMKA. 2015. Penelitian bertujuan untuk memperoleh hasil dan mengetahui ada atau tidaknya pengaruh perilaku asertif terhadap kedisiplinan siswa kelas XI MAN 13 Jakarta. Permasalahan yang muncul yaitu permasalahan siswa yang semakin memprihatinkan dengan kebiasaan-kebiasaan yang tidak bertanggung jawab terhadap diri pribadi sebagai siswa seperti melakukan pelanggaran-pelanggaran yang telah ditetapkan di sekolah dan disepakati sebelumnya sehingga siswa banyak yang tidak disiplin terhadap aturan yang ada, hal tersebut salah satunya disebapkan oleh ketidak mampuan siswa untuk berperilaku asertif. Populasi berjumlah 258 orang siswa dengan sample 39 orang siswa yang diambil dari 15% dari jumlah populasi. Teknik sampling yang digunakan adalah simple rangom sampling dengan cara undian. Penelitian menggunakan pendekatan korelasi deskriptif kuantitatif. Setelah data berdistribusi normal dan homogenitas berdasarkan uji normalitas menggunakan uji lilliefors Galat Taksiran dan uji homogenitas menggunakan uji Bartlett. Berdasarkan hasil perhitungan uji normalitas didapat L0 < L tabel (0,0992 < 0,1419) dan hasil uji homogenitas ܺ௛ଶ௜௧௨௡௚ < ܺ௧ଶ௔௕௘௟ (20,232 < 25,0). Pengujian hipotesa dilakukan dengan menggunakan uji-t. Hasil perhitungan penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh perilaku asertif terhadap kedisiplinan siswa kelas XI MAN 13 Jakarta yaitu 4,73. Kesimpulan yang didapatkan adalah Ho ditolak dan sesuai dengan hipotesa penelitian yaitu ada pengaruh perilaku asertif terhadap kedisiplinan siswa kelas XI MAN 13 Jakarta. Kata kunci : perilaku asertif, kedisiplinan, siswa.