Abstrak  Kembali
Novitasari. Hubungan Antara Kepribadian Guru BK dengan Keterbukaan Diri Siswa SMA Negeri 99 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2015. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan permasalahan siswa yang tidak terbuka mengungkapkan persasaannya kepada Guru BK dengan alasan Guru BK tidak menunjukan kepribadian yang baik seperti suka marah-marah, tidak ramah dan tidak peduli kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan hubungan antara kepribadian guru BK dengan keterbukaan diri siswa SMA Negeri 99 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah SMA Negeri 99 Jakarta Timur pada kelas X tahun ajaran 2014-2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaf yang terdiri dari dua variabel yaitu kepribadian Guru BK (variabel X) dan keterbukaan diri siswa (variabel Y). Jumlah populasi sebanyak 344 siswa dengan sampel penelitian ini berjumlah 49 orang yang diambil dari 15% jumlah populasi. Pengambilan sampel penelitian yaitu dengan teknik Random Sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah Product Moment. Uji prasyarat data dilakukan dengan penghitungan normalitas dan linearitas. Setelah data berdistribusi normal dan linear berdasarkan uji normalitas, uji homogenitas dan linearitas. Berdasarkan hasil perhitungan regresi linier diperoleh Fhitung sebesar 0,86 dan Ftabel 1,97 atau Fhitungrtabel (0,476 > 0,281), yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Oleh karena itu, hasil penelitian ini disimpulkan bahwa ada hubungan antara kepribadian guru BK dengan keterbukaan diri siswa SMA Negeri 99 Jakarta kelas X tahun ajaran 2014-2015. Kata Kunci: Kepribadian Guru BK, Keterbukaan Diri