Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan strategi permainan Are You Smart terhadap hasil belajar IPS siswa kelas III SDN Manggarai 07 Pagi semester I tahun ajaran 2014/2015. Tekhnik pengambilan yang digunakan untuk penelitian ini adalah pre experimental dengan bentuk one group pretest-postest. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas III sebanyak 33 siswa. Sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh dimana seluruh siswa dijadikan sampel statistik untuk membuktikan hipotesis. Instrumen penelitian berupa tes obyektif pilihan ganda sebanyak 40 soal dengan 4 pilihan jawaban. Instrumen penelitian terlebih dahulu di uji cobakan dengan rumus korelasi poin biserial diperoleh 30 soal valid, sedangkan uji reliabilitas dengan rumus KR- 20 diperoleh nialai r11 = 1, 009 pada taraf signifikan 𝑎𝑎=0,05 dan derajat kebebasan (dk) = 36 didapat 𝑟𝑟=𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡=0,329 karena 𝑟𝑟11 >𝑟𝑟𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡 yaitu 1,009 > 0,329 maka dapat di simpulkan instrumen reliabel. Uji hipotesis dengan diperoleh nilai thitung = 2,37 sedangkan ttabel = 1,68 karena thitung > ttabel yang berarti H0 ditolak dengan kata lain menerima hipotesis h1 terdapat pengaruh secara signifikan strategi permainan are you smart terhadap hasil belajar IPS siswa kelas III SDN Ma nggarai 07 Pagi. Dengan demikian dapat di kesimpulkan bahwa pembelajaran dengan strategi permainan Are You Smart dapat mempengaruhi hasil belajar IPS siswa kelas III SDN Manggarai 07 Pagi