Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh
penggunaan strategi permainan Are You Smart terhadap hasil belajar IPS siswa
kelas III SDN Manggarai 07 Pagi semester I tahun ajaran 2014/2015.
Tekhnik pengambilan yang digunakan untuk penelitian ini adalah pre
experimental dengan bentuk one group pretest-postest. Populasi penelitian ini
adalah siswa kelas III sebanyak 33 siswa. Sampel yang digunakan yaitu sampel
jenuh dimana seluruh siswa dijadikan sampel statistik untuk membuktikan
hipotesis. Instrumen penelitian berupa tes obyektif pilihan ganda sebanyak 40 soal
dengan 4 pilihan jawaban.
Instrumen penelitian terlebih dahulu di uji cobakan dengan rumus korelasi
poin biserial diperoleh 30 soal valid, sedangkan uji reliabilitas dengan rumus KR-
20 diperoleh nialai r11 = 1, 009 pada taraf signifikan 𝑎𝑎=0,05 dan derajat
kebebasan (dk) = 36 didapat 𝑟𝑟=𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡=0,329 karena 𝑟𝑟11 >𝑟𝑟𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡 yaitu 1,009 >
0,329 maka dapat di simpulkan instrumen reliabel.
Uji hipotesis dengan diperoleh nilai thitung = 2,37 sedangkan ttabel = 1,68
karena thitung > ttabel yang berarti H0 ditolak dengan kata lain menerima hipotesis h1
terdapat pengaruh secara signifikan strategi permainan are you smart terhadap
hasil belajar IPS siswa kelas III SDN Ma nggarai 07 Pagi.
Dengan demikian dapat di kesimpulkan bahwa pembelajaran dengan
strategi permainan Are You Smart dapat mempengaruhi hasil belajar IPS siswa
kelas III SDN Manggarai 07 Pagi
|