Abstrak  Kembali
Yopi Ariesta. Profil Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Skripsi. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk memotret Profil Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka terutama terkait kondisi yang mendukung kegiatan studinya. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA Jakarta Timur pada tahun ajaran 2014-2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi UHAMKA dengan membaginya dalam empat kelompok berdasarkan predikat hasil belajarnya, sampel diambil 30% dari populasi (126 orang). Teknik sampling yang digunakan adalah Stratified Random Sample (sampel berstrata). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket yang telah dijudgement oleh pakar. Jumlah soal yang digunakan dalam angket sebanyak 62 butir pertanyaan dan pernyataan dengan indikator latar belakang mahasiswa, rapor belajar individual, rapor belajar formal dan lingkungan yang mempengaruhi proses belajar mahasiswa. Hasil penelitian menggambarkan latar belakang mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi, performan keberhasilan belajar yang termasuk dalam kategori sangat memuaskan dan rasa keyakinan terhadap kemampuan dalam bidang biologi yang tinggi, serta faktor internal dan eksternal yang menunjang mahasiswa dalam pembelajaran biologi, seperti minat, rasa percaya diri, kedisiplinan, perhatian terhadap dosen saat mengikuti perkuliahan, motivator, berbagai kemampuan dosen dalam menunjang perkuliahan, serta kondisi fasilitas perkuliahan.