Yopi Ariesta. Profil Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Universitas
Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Skripsi. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk memotret Profil Mahasiswa Program Studi
Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka terutama
terkait kondisi yang mendukung kegiatan studinya. Penelitian ini dilaksanakan di
Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA Jakarta Timur pada tahun ajaran
2014-2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program
Studi Pendidikan Biologi UHAMKA dengan membaginya dalam empat kelompok
berdasarkan predikat hasil belajarnya, sampel diambil 30% dari populasi (126
orang). Teknik sampling yang digunakan adalah Stratified Random Sample
(sampel berstrata). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket yang telah
dijudgement oleh pakar. Jumlah soal yang digunakan dalam angket sebanyak 62
butir pertanyaan dan pernyataan dengan indikator latar belakang mahasiswa, rapor
belajar individual, rapor belajar formal dan lingkungan yang mempengaruhi
proses belajar mahasiswa. Hasil penelitian menggambarkan latar belakang
mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi, performan keberhasilan belajar
yang termasuk dalam kategori sangat memuaskan dan rasa keyakinan terhadap
kemampuan dalam bidang biologi yang tinggi, serta faktor internal dan eksternal
yang menunjang mahasiswa dalam pembelajaran biologi, seperti minat, rasa
percaya diri, kedisiplinan, perhatian terhadap dosen saat mengikuti perkuliahan,
motivator, berbagai kemampuan dosen dalam menunjang perkuliahan, serta
kondisi fasilitas perkuliahan.
|