Wiwi Robi Adawiyah. 1101145084. Analisis Kemampuan Experimenting (Melakukan Percobaan) pada Pembelajaran Biologi Kelas XI MIA di SMA Negeri 67 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kemampuan experimenting pada pembelajaran biologi. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 67 Jakarta pada kelas XI MIA. Populasi berjumlah 144 siswa yang terdistribusi menjadi empat kelas. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Penelitian ini menggunakan instrumen soal dan angket untuk mengetahui sejauh mana kemampuan experimenting siswa dan menggali faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan experimenting. Penelitian ini adalah Penelitian Deskriptif Kuantitatif. Hasil kemampuan experimenting kelas XI MIA 2 di SMA Negeri 67 Jakarta tergolong cukup dengan persentase 69,71%. Kemampuan paling tinggi pada experimenting ini adalah kemampuan siswa dalam menentukan apa yang diamati. Adapun kemampuan yang paling rendah adalah kemampuan siswa dalam menyimpulkan data yang telah diperoleh. Faktor–faktor yang mempengaruhi kemampuan experimenting diantaranya pemahaman konsep, dan pemahaman prosedur dalam experimenting yang dimiliki siswa. Selain itu upaya guru dalam memberikan penjelasan konsep, penjelasan prosedur, dan memberikan latihan dalam experimenting pun mempengaruhi kemampuan experimenting.
|