Abstrak  Kembali
Siti Aisyah. 1101145071. Analisis Kreativitas Siswa pada Pembelajaran Biologi Kelas XI MIA di SMA Muhammadiyah Cileungsi. Skripsi. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kreativitas siswa pada pembelajaran Biologi pada kelas XI MIA di SMA Muhammadiyah Cileungsi. Penelitian dilakukan di SMA Muhammadiyah Cileungsi. Jenis penelitian yang digunakan deskriptif dengan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 86 siswa dan sampel yang terpilih adalah kelas XI MIA 2 yang berjumlah 31 siswa dengan menggunakan teknik non probability sampel. Data diperoleh dengan menyebarkan instrumen soal kreativitas yang berjumlah 8 soal dan angket penilaian diri yang berisi 25 pernyataan kepada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis kreativitas siswa dilihat dari indikator soal tes kemampuan berpikir kreatif yaitu berpikir lancar 51,34%, berpikir luwes 47,32%, orisinalitas 51,78% dan elaborasi 51,82%. Selanjutnya dari indikator angket kemampuan ingin tahu sebesar 73,21%, mengambil resiko 72,14%, kemampuan menghadapi tantangan 68,92%, dan kemampuan memiliki prinsip 67,14%. Untuk kemampuan berpikir lancar 65,71%, imajinatif 64,64%, kemampuan berpikir rasional 64,28% dan kemampuan menilai 63,93%. Kemampuan elaborasi siswa 62,49%, sedangkan kemampuan berpikir asli 60,35%, berpikir luwes 59,28% dan kemampuan menghargai 57,85%. Hasil korelasi kedua data penelitian berdasarkan perhitungan menggunakan program SPSS 21.0 diperoleh nilai sebesar 0,406 yang tergolong cukup. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kreativitas siswa pada pembelajaran Biologi kelas XI MIA di SMA Muhammadiyah Cileungsi termasuk dalam kategori kurang.