Siti Aisyah. 1101145071. Analisis Kreativitas Siswa pada Pembelajaran Biologi
Kelas XI MIA di SMA Muhammadiyah Cileungsi. Skripsi. Jakarta: Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA,
2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kreativitas siswa pada
pembelajaran Biologi pada kelas XI MIA di SMA Muhammadiyah Cileungsi.
Penelitian dilakukan di SMA Muhammadiyah Cileungsi. Jenis penelitian yang
digunakan deskriptif dengan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini
berjumlah 86 siswa dan sampel yang terpilih adalah kelas XI MIA 2 yang
berjumlah 31 siswa dengan menggunakan teknik non probability sampel. Data
diperoleh dengan menyebarkan instrumen soal kreativitas yang berjumlah 8 soal
dan angket penilaian diri yang berisi 25 pernyataan kepada siswa. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa analisis kreativitas siswa dilihat dari indikator soal tes
kemampuan berpikir kreatif yaitu berpikir lancar 51,34%, berpikir luwes 47,32%,
orisinalitas 51,78% dan elaborasi 51,82%. Selanjutnya dari indikator angket
kemampuan ingin tahu sebesar 73,21%, mengambil resiko 72,14%, kemampuan
menghadapi tantangan 68,92%, dan kemampuan memiliki prinsip 67,14%. Untuk
kemampuan berpikir lancar 65,71%, imajinatif 64,64%, kemampuan berpikir
rasional 64,28% dan kemampuan menilai 63,93%. Kemampuan elaborasi siswa
62,49%, sedangkan kemampuan berpikir asli 60,35%, berpikir luwes 59,28% dan
kemampuan menghargai 57,85%. Hasil korelasi kedua data penelitian berdasarkan
perhitungan menggunakan program SPSS 21.0 diperoleh nilai sebesar 0,406 yang
tergolong cukup. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kreativitas
siswa pada pembelajaran Biologi kelas XI MIA di SMA Muhammadiyah
Cileungsi termasuk dalam kategori kurang.
|