SITI AISAH RAMADANTI. Nim: 1101145070. Penerapan Strategi
Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) terhadap Kemampuan Berpikir
Kreatif Siswa. Skripsi. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas, Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Strategi
PembelajaranSains Teknologi Masyarakat (STM) terhadap Kemampuan Berpikir
Kreatif Siswa. Populasi seluruh siswa kelas XI MIA di SMA Negeri 100 Jakarta
yang berjumlah tiga kelas pada semester genap tahun ajaran 2014/2015.
Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling,
sehingga diperoleh dua kelompok untuk penelitian yaitu XI MIA 1 dengan jumlah
34 orang sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 2 dengan jumlah 35 orang
sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimen,
sedangkan desain yang digunakan Posttest-Only Control Design. Berdasarkan
hasil analisis uji t diperoleh rata-rata nilai untuk kelas eksperimen 75,94
sedangkan kelas kontrol 65,40. Pengujian analisis data pada taraf signifikansi ߙ=0.01 didapat nilai ݐ௧=4,11>ݐ௧=2,66 berarti H0 ditolak dan H1
diterima. Sehingga dapat disimpulkan penerapan strategi pembelajaran Sains
Teknologi Masyarakat (STM)berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif
siswa.
|