Abstrak  Kembali
SITI AISAH RAMADANTI. Nim: 1101145070. Penerapan Strategi Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Skripsi. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas, Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Strategi PembelajaranSains Teknologi Masyarakat (STM) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Populasi seluruh siswa kelas XI MIA di SMA Negeri 100 Jakarta yang berjumlah tiga kelas pada semester genap tahun ajaran 2014/2015. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling, sehingga diperoleh dua kelompok untuk penelitian yaitu XI MIA 1 dengan jumlah 34 orang sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 2 dengan jumlah 35 orang sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimen, sedangkan desain yang digunakan Posttest-Only Control Design. Berdasarkan hasil analisis uji t diperoleh rata-rata nilai untuk kelas eksperimen 75,94 sedangkan kelas kontrol 65,40. Pengujian analisis data pada taraf signifikansi ߙ=0.01 didapat nilai ݐ௛௜௧=4,11>ݐ௧௔௕=2,66 berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan penerapan strategi pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM)berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa.