Rosindah Quintarini. Pengaruh model discovery learning terhadap
keterampilan proses sains. Skripsi. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model discovery
learning terhadap keterampilan proses sains. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN
14 Kota Bekasi pada semester 2 tahun ajaran 2014-2015. Metode penelitian yang
digunakan eksperimen semu, dengan desain penelitian posttest only control group
design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X sejumlah 228 siswa yang
terbagi menjadi 6 kelas. Teknik sampel menggunakan cluster random sampling
dari populasi untuk dijadikan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel
penelitian ini adalah kelas X MIA 2 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X
MIA 1 sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan
ganda dan angket siswa. Tes pilihan ganda digunakan untuk mengukur
keterampilan proses sains siswa pada konsep ekosistem, sedangkan angket
digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran discovery
learning yang dilakukan. Analisis data secara statistik deskriptif digunakan untuk
hasil angket. Adapun data hasil tes, selain dideskripsikan juga dianalisis dengan
statistika inferensial. Data terlebih dahulu di uji prasyarat analisis datanya. Setelah
data berdistribusi normal dan homogen dilakukan pengujian hipotesis dengan
menggunakan uji t pada taraf signifikansi 1%. Pada uji t hasil penghitungan
didapat nilai thit = 4,18 sedangkan t0,99 = 2,65. Nilai thitung tersebut berada pada
daerah penolakan H0 berarti pembelajaran discovery learning berpengaruh
terhadap keterampilan proses siswa. Siswa juga memberikan respon positif
terhadap kegiatan pembelajaran dengan model discovery learning.
|