Abstrak  Kembali
Rianti Adisti Puspa Dewi. NIM. 1101145060. Analisis Kemampuan Komunikasi Sains Siswa Pada Pembelajaran Biologi Kelas X SMAN 12 Bekasi. Skripsi. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan keterampilan proses sains jenis komunikasi siswa pada pembelajaran biologi. Penelitian ini dilaksanakan Tahun Ajaran 2014-2015 pada bulan Mei – Agustus 2015 di SMA Negeri 12 Bekasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 12 Bekasi Tahun Ajaran 2014-2015, dan yang menjadi sampel adalah siswa kelas X.1 yang berjumlah 40 siswa diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses sains jenis kemampuan komunikasi yang dikuasai siswa dikategorikan baik, dengan persentase sebesar 66%. Kemampuan komunikasi siswa yang dikuasai siswa dalam menjelaskan hasil percobaan persentase sebesar 75%. Kemampuan komunikasi siswa dalam membaca grafik, dan penyusunan hasil laporan memiliki persentase sebesar 65% dan 64%, sedangkan kemampuan komunikasi membaca diagram memiliki persentase sebesar 59%. Riwayat pembekalan yang dialami siswa yaitu kebiasaan berlatih membaca diagram, grafik dan tabel, pengkajian referensi dalam membuat diagram, grafik, dan tabel, metode dan model pembelajaran yang menampilkan diagram, grafik dan tabel, dan penyusunan laporan yang membuat diagram, grafik.