Abstrak  Kembali
Retno Miah Sadiyanti. Pengaruh Model pembelajaran inquiry terhadap kemampuan berpikir analitis siswa. Skripsi. Jakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah PROF. DR. HAMKA, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pembelajaran inquiry terhadap kemampuan berpikir analitis siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 14 Kota Bekasi pada semester 2 tahun ajaran 2014-2015. Metode penelitian yang digunakan eksperimen semu, dengan desain penelitian posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X sejumlah 228 siswa yang terbagi menjadi 6 kelas. Teknik sampel menggunakan cluster random sampling dari populasi untuk dijadikan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel penelitian ini adalah kelas X MIA 1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X MIA 2 sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian dan angket siswa. Tes uraian digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir analitis siswa pada konsep pencemaran lingkungan, sedangkan angket digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran inquiry yang dilakukan. Analisis data secara statistik deskriptif digunakan untuk hasil angket. Adapun data hasil tes, selain dideskripsikan juga dianalisis dengan statistika inferensial. Data terlebih dahulu diuji prasyarat analisis datanya. Setelah data berdistribusi normal dan homogen dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t pada taraf 1%. Pada uji t hasil penghitungan didapat nilai thit = 3,41 sedangkan t0,99 = 2,38. Nilai thitung tersebut berada pada daerah penolakan H0 berarti pembelajaran inquiry berpengaruh terhadap kemampuan berpikir analitis siswa. Siswa juga memberikan respon positif terhadap kegiatan pembelajaran dengan model inquiry.