Abstrak  Kembali
RESI INDRIANI. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Sistem Pernapasan Kelas XI SMA Islam As Syafiiyah Jakarta Selatan. Skripsi. Jakarta: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan kelas XI SMA. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2014-2015 pada bulan April 2015 di SMA Islam As Syafiiyah Jakarta Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi experiment (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas XI SMA Islam As Syafiiyah Jakarta Selatan, dengan jumlah populasi 118 siswa. Melalui pengambian sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling, diperoleh dua kelompok penelitian, yaitu kelas XI IPA 1 berjumlah 40 siswa yang digunakan sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 3 berjumlah 40 siswa yang digunakan sebagai kelas eksperimen. Pengambilan data menggunakan instrument tes hasil belajar berbentuk tes objektif berbentuk pilihan ganda yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya terdiri dari 30 butir soal terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) yang dilakukan setelah proses pembelajaran terakhir selesai dilaksanakan. Hasil penelitian menunjukkan, skor rata-rata N-Gain hasil belajar kelompok kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu 50,25 pada kelas eksperimen dan 22,15 pada kelas kontrol. Nilai t-tabel pada taraf signifikan α = 0,01 atau pada taraf kepercayaan 99% diperoleh thitung (9,72) > t0,99(78)=2,358, sehingga dapat disimpulkan hasil belajar biologi siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar biologi siswa yang menggunakan model pembelajaran yang biasa digunakan guru mata pelajaran biologi di sekolah atau terdapat pengaruh yang sangat signifikan terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI SMA Islam As Syafiiyah Jakarta Selatan sehingga H1 diterima