Abstrak  Kembali
Rani Ramulya Jamil. 1101145097.Analisis Kemampuan Siswa dalam Pengelolaan Data Hasil Percobaan di SMA Negeri 67 Jakarta. Skripsi. Jakarta. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kemampuan siswa dalam pengelolaan data hasil percobaan. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 67 Jakarta pada kelas XI MIA. Populasi berjumlah 144 siswa yang terdistribusi menjadi empat kelas. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan instrumen soal dan angket untuk mengetahui pencapaian kemampuan siswa dalam pengelolaan data hasil percobaan dan menggali faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan siswa dalam pengelolaan data hasil percobaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam pengelolaan data hasil percobaan tergolong baik dengan persentase 71,37%. Kemampuan pengelolaan data hasil percobaan yang sangat baik adalah kemampuan menyajikan data secara sistematis dengan persentase 87,04%. Kemampuan yang tergolong baik yaitu kemampuan menarik kesimpulan (72,46%), kemampuan mengolah data (70,83%) dan kemampuan mengumpulkan data (70,64%). Adapun kemampuan yang kurang yaitu kemampuan menafsirkan data dengan persentase 52,78%. Pembekalan guru yang meliputi metode pembelajaran, media pembelajaran, dan aktivitas guru seperti tanya jawab, bimbingan, dan latihan soal diduga merupakan hal-hal yang menunjang kemampuan siswa dalam pengelolaan data hasil percobaan. Minat siswa diduga juga memberi kontribusi dalam membentuk kemampuan mengelola data hasil percobaan.