Rani Ramulya Jamil. 1101145097.Analisis Kemampuan Siswa dalam
Pengelolaan Data Hasil Percobaan di SMA Negeri 67 Jakarta. Skripsi. Jakarta.
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Prof. DR.
HAMKA, 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kemampuan siswa dalam
pengelolaan data hasil percobaan. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 67
Jakarta pada kelas XI MIA. Populasi berjumlah 144 siswa yang terdistribusi
menjadi empat kelas. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random
sampling. Penelitian ini menggunakan instrumen soal dan angket untuk
mengetahui pencapaian kemampuan siswa dalam pengelolaan data hasil
percobaan dan menggali faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan siswa
dalam pengelolaan data hasil percobaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
kemampuan siswa dalam pengelolaan data hasil percobaan tergolong baik dengan
persentase 71,37%. Kemampuan pengelolaan data hasil percobaan yang sangat
baik adalah kemampuan menyajikan data secara sistematis dengan persentase
87,04%. Kemampuan yang tergolong baik yaitu kemampuan menarik kesimpulan
(72,46%), kemampuan mengolah data (70,83%) dan kemampuan mengumpulkan
data (70,64%). Adapun kemampuan yang kurang yaitu kemampuan menafsirkan
data dengan persentase 52,78%. Pembekalan guru yang meliputi metode
pembelajaran, media pembelajaran, dan aktivitas guru seperti tanya jawab,
bimbingan, dan latihan soal diduga merupakan hal-hal yang menunjang
kemampuan siswa dalam pengelolaan data hasil percobaan. Minat siswa diduga
juga memberi kontribusi dalam membentuk kemampuan mengelola data hasil
percobaan.
|