Ratu Aryumi Chaerunnisa. Perbedaan Kecerdasan Emosi Anak Yang Diberi
ASI dengan Anak Yang Diberi Susu Formula Pada Masa Bayi Di SD Negeri Baru
O5 Pagi Jakarta Timur. Skripsi. Jakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, 2015.
Penelitian bertujuan untuk menemukan perbedaan kecerdasan emosi anak yang
diberi ASI dengan anak yang diberi susu formula pada masa bayi. penelitian
dilaksanakan di SD Negeri Baru 05 Pagi Jakarta Timur.
Penelitian dilatarbelakangi oleh fenomena serta kenyataan yang peneliti lihat di
lapangan dimana dimasa sekarang banyak anak-anak sulit dikendandalikan dan
cenderung emosional. Emosi mereka cenderung tidak dapat dikendalikan baik
oleh dirinya sendiri dan orang lain. Seseorang yang dapat mengelola emosi diri
disebut memiliki Kecerdasan emosi. Kecerdasan emosi dipengaruhi oleh banyak
faktor diantaranya pemberian nutrisi pada masa bayi. Setiap ibu pada umumnya
pasti akan memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya. Salah satunya ialah
memberikan nutrisi terbaik untuk anaknya pada masa bayi, dimana pada masa
bayi ada ibu yang memberikan ASI dan ada pula yang memberikan susu formula
untuk anak mereka. Peneliti ingin mengetahui adakah perbedaan Kecerdasan
emosi anak yang diberi ASI dengan anak yang diberi susu formula pada masa
bayi.
Penelitian menggunakan metode kuantitatif komparasi. Setelah data
berdistribusi normal dan homo berdasarkan uji normalitas dan uji homogenitas.
Populasi penelitian berjumlah 34 anak. Sampel penelitian ialah 10 anak yang
diberi ASI dan 10 anak yang diberi susu formula pada masa bayi. Teknik
sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Pengujian hipotesis
dilakukan dengan menghitung uji-T dan didapat Thitung > Ttabel (3,29 > 1,833),
yang berarti Ho ditolak.
Hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan
antara kecerdasan emosi anak yang diberi ASI dengan anak yang diberi susu
formula pada masa bayi, anak yang diberi ASI pada masa bayi lebih memilki
kecerdasan emosi yang lebih tinggi dan lebih baik daripada anak yang diberi susu
formula pada masa bayi, dikarenakan anak ASI lebih memiliki pengalaman
perasaan emosi yang baik yang diterima dalam proses menyusui sehingga
memiliki lima ranah kecerdasan emosi yang baik dibandingkan anak yang diberi
susu formula.
Kata kunci: Kecerdasan emosi, anak yang diberi ASI, anak yang diberi susu
formula.
|