Metalia Putri Pujiastuti. Hubungan antara Kecanduan Game Online dengan Perilaku Sosial Siswa SMP Di Warnet Billy Palmerah Jakarta Barat. Skripsi. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR.HAMKA, 2015.
Game online merupakan salah satu permainan yang didukung oleh media internet. Perkembangan dunia game online saat ini sudah sangat pesat. Dari perkembangan tersebut, game online memiliki dampak tersendiri bagi setiap individu yang mengguanakanya. Bermain game online kini banyak dilakukan oleh sebagian besar pelajar di Indonesia. tidak terkecuali dengan pelajar SMP. Sebagian pelajar lebih memilih kegiatan untuk menghibur mereka dengan bermain game. Dari kegiatan tersebut pelajar sering meninggalkan tugasnya sehari-hari dan kurangnya bersosialisasi dengan teman disekolah. Fenomena kecanduan game online diperkirakan sangat mempengaruhi perilaku sosial siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara kecanduan game online dengan perilaku sosial siswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi penelitian ini berjumlah 25 orang siswa dan seluruhnya menjadi sempel penelitian. Teknik samling yang digunakan adalah teknik sampel jenuh. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan korelasional deskriptif.
Pengujian hipotesis dilakukan dengan menghitung sperman dan didapat rhitung > rtabel (0,992 > 0,398 ), yang berarti bahwa Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat hubungan antara kecanduan game online dengan perilaku sosial siswa SMP di warnet Billy Palmerah Jakarta Barat.
Kata kunci : game online, kecanduan, perilaku sosial
|